FAQ's

Tanya Jawab Mengenai Penerimaan Tenaga Kerja PTFI

  • Apa itu e-Recruitment?

    Proses perekrutan karyawan secara online  atau melalui media internet dengan melakukan  posting lowongan di situs web perusahaan dimana para pelamar dapat mengirimkan resume atau lamaran kerja mereka secara elektronik dalam format elektronik.

  • Bagaimana cara kerja e-Recruitment?

    Bagi pelamar yang berminat untuk mengirimkan lamaran kerja dapat masuk ke website PTFI di www.ptfi.co.id . Pelamar akan diminta untuk melengkapi seluruh Field informasi yang tersedia.

  • Bagaimana pelamar mengetahui bahwa lamarannya sudah masuk ke  database PTFI atau belum?

    Bagi pelamar yang telah mengirimkan lamaran kerjanya secara online akan menerima email notifikasi bahwa lamaran kerja yang mereka kirimkan telah berhasil masuk dalam  database PTFI.

  • Bagaimana pelamar dapat mengetahui progress dari surat lamaran yang sudah ia kirimkan?

    Pihak HR PTFI akan menghubungi pelamar baik melalui email resmi perusahaan maupun komunikasi melalui telephone sekiranya akan melakukan proses lanjut dari lamaran kerja yang telah dikirimkan.

  • Bagaimana pelamar ingin mengirimkan lamaran kerja namun tidak ada lowongan yang sesuai dengan kualifikasi pelamar?

    Pelamar tetap dapat mengirimkan lamaran kerjanya dengan klik : “Drop Box” dimana lamaran kerja yang dikirimkan tetap dapat masuk dalam database PTFI.

  • Mengapa saat ini link untuk informasi lowongan tidak dapat diakses oleh pelamar?

    Terhitung tanggal 1sampai dengan 13 Desember, kami akan melakukan peralihan sistem e-Recruitment. Selama periode tersebut, pelamar tidak dapat mengirimkan lamaran kerja baru atau melakukan update terhadap lamaran kerja yang telah dikirimkan sebelumnya. Pelamar dapat masuk kembali ke halaman informasi lowongan mulai 14 Desember 2015.

  • Terkait dengan peralihan sistem e-Recruitment PTFI, apakah yang harus dilakukan oleh pelamar yang telah mengirimkan CV sebelumnya?

    Seluruh Pelamar harus membuat Login ID dan Password yang baru, termasuk pelamar yang pernah mengirimkan lamaran kerja sebelumnya. Lengkapi seluruh informasi yang diminta agar pihak HR mendapatkan informasi yang lengkap mengenai qualifikasi yang dimiliki setiap pelamar.

  • Apakah yang harus dilakukan pelamar yang sudah masuk dalam tahapan seleksi PTFI, misalnya pernah mengikuti tes psikologi atau interview?

    Terkait dengan adanya perlaihan sistem, maka pelamar perlu mengirimkan lamarannya  kembali

    lewat PTFI, dan pihak HR akan memastikan hasil terakhir dari tahapan seleksi yang sudah dilakukan oleh pelamar dengan notifikasi lewat online sistem

  • Persyaratan apa saja yang harus dipenuhi apabila akan mengajukan surat lamaran kerja?

    Memastikan data pribadi dan riwayat hidup sudah didaftarkan lewat sistim online, serta dilengkapi dengan legalisir salinan ijasah terakhir lengkap dengan transkrip akademik; surat pengalaman kerja; sertifikat training; kartu identitas diri dan kartu tanda pencari kerja dari DISKIMNAKER.

  • Bagaimana tata cara yang diberlakukan dalam proses seleksi penerimaan tenaga kerja di PTFI?

    Apabila pelamar memenuhi persyaratan yang ditentukan, akan dipanggil untuk mengikuti proses seleksi, yaitu berupa pengukuran psikologi, tes kemampuan teknis, tes kemampuan berbahasa Inggris lisan maupun tulisan; wawancara; dan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh dokter atau rumah sakit yang ditentukan oleh PTFI.

  • Apakah ada jadwal tertentu yang diberlakukan oleh PTFI dalam pelaksanaan penerimaan tenaga kerja?

    Tidak ada jadwal khusus yang ditentukan, karena seleksi penerimaan tenaga kerja bisa dilaksanakan kapan saja sesuai kebutuhan dan tentunya dengan tetap mengacu kepada kebutuhan tenaga kerja PTFI.

  • Apakah pelamar bisa mengajukan pilihan untuk bekerja di PTFI Jakarta atau di Jobsite (Timika, Papua)?

    Lowongan atau kebutuhan yang ada sudah ditentukan, baik untuk di Kantor PTFI Jakarta atau di Jobsite (Timika, Papua), oleh karena itu calon karyawan tidak dapat memilih tempat bekerja. Akan tetapi, calon karyawan dapat memilih untuk melamar hanya posisi yang ada di lokasi kerja yang dikehendaki.

  • Latar belakang disiplin ilmu apa saja yang diperlukan di PTFI?

    Dengan organisasi yang cukup besar dan lingkup operasi yang luas, pada dasarnya hampir sebagian besar disiplin ilmu diperlukan di PTFI. Namun karena PTFI bergerak dalam bidang pertambangan, tenaga kerja dengan latar belakang teknik lebih banyak diperlukan, selain dari bidang manajemen atau ilmu sosial lainnya.

  • Apakah ada kemungkinan bahwa karyawan ditempatkan pada bidang yang berbeda dengan disiplin ilmu yang dimiliki?

    Dimungkinkan apabila karyawan memiliki pengalaman kerja serta ketrampilan kerja yang sesuai dengan persyaratan yang diminta.

  • Apakah PTFI memberikan kesempatan kerja kepada Sarjana yang baru lulus dan belum memiliki pengalaman kerja?

    Pada saat ini PTFI memiliki Program Lulusan Baru (Fresh Graduate Program), yang dibuat khusus untuk menerima Sarjana yang baru lulus namun harus memenuhi berbagai persyaratan yang telah ditentukan dan melalui proses seleksi yang  ketat.

  • Apakah PTFI hanya memerlukan karyawan dengan latar belakang pendidikan Sarjana?

    Tidak. PTFI juga menerima karyawan yang bukan Sarjana, namun diutamakan yang telah memiliki pengalaman kerja minimum 2 tahun. Pada saat ini untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja dengan latar belakang pendidikan Non-Sarjana, PTFI melakukankerja sama dengan perusahaan kontraktor penyedia jasa tenaga kerja

  • Apakah ada suatu program yang memberikan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan bagi anak-anak karyawan baik yang masih aktif bekerja maupun yang sudah tidak aktif bekerja di PTFI?

    Program yang dibuat secara khusus tidak ada. Akan tetapi anak dari karyawan  yang masih aktif bekerja maupun yang sudah tidak aktif bekerja di PTFI biasanya mendapatkan perhatian tersendiri, namun tetap harus memenuhi persyaratan dan mengikuti proses seleksi yang telah ditentukan oleh perusahaan.

  • Apakah PTFI memberikan prioritas kepada calon karyawan tertentu?

    Ya. PTFI memberikan prioritas kepada calon karyawan dari Papua terutama yang termasuk dalam Tujuh Suku di sekitar daerah pertambangan. Kami selalu berusaha untuk mengisi semua lowongan pekerjaan dengan calon yang berkualitas dari Papua sebelum mencari dari daerah lain.

page