Testimoni


Yan Aditya Prabawa
Engineer, geotechnical surface
Bachelor of Science in civil and environment engineering, Indonesia University, Jakarta
Master of Science in project management, Gadjah Mada University, Yogyakarta

Bergabung dengan PTFI memberikan berbagai pengalaman dan pelajaran yang berharga yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya. Disini saya temui kondisi lingkungan, suhu dan cuaca ekstrim yang merupakan tantangan tersendiri namun bukan menjadi penghalang tetapi menjadi penyemangat, karena ini merupakan sesuatu hal yang baru dan menarik bagi saya. Saya juga merasa nyaman ketika tinggal di jobsite karena fasilitasnya lengkap baik dari sisi kesehatan, pendidikan, transportasi maupun kebutuhan sehari-hari tersedia dan mudah didapatkan. Di PTFI saya juga menjumpai individu dari berbagai universitas diseluruh indonesia. Sehingga saya dapat saling bertukar ilmu dan pengalaman yang bermanfaat. Di dalam departemen tempat saya bekerja, saya mendapatkan pengetahuan yang baru, salah satunya adalah cara memonitor seluruh area tambang dengan menggunakan alat yang canggih. PTFI juga selalu meningkatkan dan memperhatikan kualitas SDM nya dengan cara mengadakan pelatihan yang rutin dilakukan di dalam maupun di luar negeri. Saya juga salut dengan PTFI karena selalu menjaga ekosistem yang ada di wilayah kerja maupun sekitarnya secara menyeluruh. Penanaman kembali di tempat tambang yang tidak terpakai lagi dapat menjaga ekosistem dan tidak merusak alam.


Matius Petrus Kabiai
Attorney, corporate legal

Bachelor of Law, University of Indonesia, Jakarta

Bergabung di PTFI pada bulan Maret 2014 di departemen Legal merupakan suatu kesempatan yang sangat berharga untuk saya. Dengan basic sebelumnya 3 tahun bergelut di dunia lawyering, membuat saya siap untuk menghadapai berbagai isu hukum yang bisa dibilang kompleks di perusahaan ini. Sebagai salah satu perusahaan besar dan sudah cukup lama berada di Indonesia, dalam melaksanakan kegiatan operasi perusahan, tentu saja banyak sekali bersinggungan dengan para stakeholders (pemangku kepentingan) yang menimbulkan berbagai isu hukum, berkaitan dengan hak dan kewajiban masing-masing pihak. Selain itu PTFI sebagai perusahaan multinasional dengan berbagai latar belakang etnis bangsa, suku, agama, adat-istiadat membuat saya semakin banyak belajar untuk menghadapi banyak orang, cara berpikir kritis dan cepat, membangun networking baik di internal perusahaan, maupun secara eksternal berhubung dalam pekerjaan di bidang hukum ini banyak bersinggungan dengan pihak luar. Sebagai putra Papua, tentunya saya bangga bisa menjadi bagian dan berkontribusi pada perusahaan ini.


Marcia Baransano
Engineer, voice and data network
Bachelor of Science in Information System, Maranatha Christian University, Bandung
Master of Science in Information Technology, Loyola University, Chicago
 

Bekerja di PTFI merupakan impian saya sejak lulus dari kuliah. Saat saya mendapat panggilan untuk bekerja sebagai network engineer di MIS department pada Oktober 2014, saya sangat senang dan antusias. Dengan pengalaman kerja yang minim di bidang computer network, saya harus siap belajar ilmu dan teknologi baru dalam pekerjaan saya dan juga harus bisa berinteraksi dengan rekan-rekan kerja saya. 3 bulan pertama adalah masa kerja adaptasi bagi saya dengan pekerjaan yang baru dan juga memahami corporate culture PTFI. Setelah itu, saya mulai diberikan tugas-tugas dan proyek pekerjaan dan diberi kesempatan bekerja di beberapa lokasi kerja yang berbeda. Pekerjaan yang baru menuntut saya untuk bisa keluar dari zona nyaman saya. Saya harus mampu berpikir lebih cepat, mengatasi masalah, dan harus bisa berkomunikasi dengan tim di Jobsite, Jakarta dan tim network global Freeport. Saya mencintai pekerjaan ini dan sangat beruntung karena memiliki rekan-rekan kerja, supervisor dan atasan-atasan yang sangat supportive. Dengan bekerja di PTFI, saya mampu mengembangkan potensi-potensi dan impian saya untuk menjadi network engineer yang profesional. 

 


Karta Novem Simanjuntak
Engineer, UG Exp. Geotechnical DMLZ

Mining Engineering, Bandung Institute of Technology (ITB), Bandung

Sejak bergabung dengan PT Freeport Indonesia dan belum setahun di department UG Geotech dan Hydrology, saya telah merasakan kenyamanan dalam bekerja. Lingkungan kerja dan budaya kekeluargaan sangat kental yang menjadikan saya merasa tidak seperti karyawan baru atau orang asing. Bekerja di tambang bawah tanah merupakan pengalaman pertama saya, bahkan tidak pernah terbayang bahwa saya akan bekerja ribuan meter di bawah tanah. Awalnya menyeramkan, tetapi sekarang saya enjoy dan excited untuk mengetahui lebih banyak tentang tambang bawah tanah. Terimakasih PTFI, semoga saya dapat memberikan kontribusi positif terhadap perusahaan.


Bayu Pratama
Fresh Graduate Program, mine maintenance

Bachelor of Science in mechanical engineering, Indonesia University, Jakarta

Fresh Graduate Program memberikan kesempatan kepada saya untuk belajar banyak dan berperan langsung didalam bisnis unit perusahaan. Project yang diberikan serta program kerja yang terstruktur memacu saya untuk terus meningkatkan kompetensi diri. Didalam Fresh Graduate Program, saya belajar dan dilatih mengenai Leadership, Supervisory, Communication Skill, Problem Solving & Decision Making. Pelatihan di bidang teknis dari Departemen membantu saya untuk memahami bidang kerja sehingga saya mampu untuk melakukan koordinasi dengan tim di area kerja, memberi arahan dibidang teknis, hingga mengawasi unsur keselamatan kerja yang terdapat didalam pekerjaan. Fresh Graduate Program adalah program yang sangat menarik dan saya bangga menjadi salah satu peserta.


Steve Jackson Rumbiak
Fresh Graduate Program, mine underground

Mining Engineering, Trisakti University, Jakarta

“From nothing to something”, gambaran singkat saya mengenai sarjana muda baru yang mengikuti Fresh Graduate Program. Merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi saya untuk mengikuti program ini, karena FGP membantu saya mengembangkan dan meningkatkan kemampuan diri di dalam dunia kerja profesional. Program- program pelatihan dan aplikasi dari proyek yang diberikan, sesuai dengan bidang studi yang saya pelajari. Saya yakin melalui program ini dapat membawa saya sebagai profesional di bidang kerja saya. Saya bangga mengikuti Fresh Graduate Program.

page