Nilai-Nilai PTFI

Menjalin Kerja Sama, Memastikan Pembangunan Berkelanjutan

Sebagai warga yang baik (good corporate citizen), kami selalu berusaha memberikan kontribusi positif bagi masyarakat di manapun kami melakukan kegiatan, dan tentunya bagi masyarakat dan bangsa Indonesia secara keseluruhan.

Sebagai warga yang baik (good corporate citizen), kami selalu berusaha memberikan kontribusi positif bagi masyarakat di manapun kami melakukan kegiatan, dan tentunya bagi masyarakat dan bangsa Indonesia secara keseluruhan. Kami berkarya menuju pembangunan berkelanjutan dengan ikut memastikan lingkungan yang sehat bagi tenaga kerja kami maupun masyarakat di dalam wilayah kegiatan kami yang hidup dan berkembang. Sebagai warga masyarakat, PT Freeport Indonesia selalu berusaha untuk menciptakan dan mendukung program peningkatan keterampilan kepada masyarakat setempat, serta menciptakan dampak positif yang permanen setelah kegiatan pertambangan tidak ada lagi di wilayah itu.

Menerapkan Etika, Profesional dalam Bekerja

Dengan tanggung jawab yang telah diamanahkan Pemerintah Indonesia kepada kami selaku pengelola pertambangan di Provinsi Papua, kami melakukan penambangan cadangan tembaga dan emas terbesar di dunia, dengan wawasan perencanaan dan pengelolaan membentang berpuluh-puluh tahun ke depan. Begitu besarnya kegiatan, proyek dan program tersebut memberikan kami kesempatan untuk bermitra dengan Pemerintah Indonesia, Provinsi Papua, Kabupaten Mimika, dan masyarakat di sekitar kami untuk masa depan berkelanjutan yang bermanfaat bagi semua pihak. Kami juga menjalin hubungan yang aktif serta senantiasa berdialog bersama para pemangku kepentingan guna menjamin keberhasilan bersama.

Sejak tahun 1992, saat dimulainya kontrak kami yang berlaku saat ini dengan pemerintah Indonesia pada, manfaat langsung bagi masyarakat Indonesia telah mencapai nilai lebih dari USD 8 miliar. Kami merupakan penyedia kerja swasta terbesar di Papua dan sebagai salah satu wajib pajak terbesar di Indonesia. Selain itu, dukungan sukarela yang kami berikan bagi pengembangan masyarakat, pengakuan kami atas hak ulayat masyarakat setempat, program pengelolaan lingkungan, serta berbagai kegiatan lainnya telah memberi sumbangan berarti untuk Papua dan masyarakat Indonesia.

img

Kami menghargai tanggapan dan kepedulian para karyawan dan pemangku kepentingan di masa penuh tantangan ini. Komitmen kami di bidang lingkungan, ekonomi, dan sosial tidak pernah surut. Semangat, dedikasi, dan kerjasama dari seluruh pemangku kepentingan sangat penting untuk mendukung upaya menuju pembangunan berkelanjutan, pada masa lalu, saat ini, hingga jauh di masa depan.

PT Freeport Indonesia merupakan anak perusahaan Freeport-McMoRan yang bergerak di bidang pertambangan di Indonesia. Selaku salah satu penghasil terbesar tembaga dan emas di dunia, PT Freeport Indonesia menyadari pentingnya logam bagi ekonomi dunia saat ini. Pemenuhan kebutuhan atas barang tersebut harus diimbangi dengan kewajiban sosial dan lingkungan sehingga dalam memenuhi kebutuhan generasi saat ini, hendaknya kita tidak membahayakan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Inilah doktrin pokok dari “Pembangunan Berkelanjutan” yang mendasari komitmen kami.

PT Freeport Indonesia menganut dan menaati kebijakan-kebijakan organisasi induk menyangkut etika, sosial, dan lingkungan. Kebijakan yang kuat telah memandu PT Freeport Indonesia menempuh jalan menuju pembangunan berkelanjutan. Pengalaman kami selama 40 tahun menjadi sumber pengetahuan dan keterampilan dalam pelaksanaan kebijakan tersebut. Komitmen menjalankan transparansi memungkinkan pemangku kepentingan untuk memantau kinerja kami.

Pendekatan yang Kami Tempuh
Mengelola Berbagai Tantangan, Mengoptimalkan Peluang
Selaku anggota pendiri dari International Council on Mining and Metals (ICMM/Dewan Internasional tentang Pertambangan dan Logam), Freeport-McMoRan menganut Kerangka Kerja Pembangunan Berkelanjutan dari ICMM, dan komitmen ini melandasi upaya kami untuk mengenal dan mengelola berbagai tantangan dan peluang di seluruh operasi kami. Kerangka kerja tersebut (www.icmm.com) terdiri dari tiga unsur yang wajib dipenuhi oleh anggota korporasi:

  1. Melaksanakan 10 Asas Pembangunan Berkelanjutan ICMM di seluruh kegiatan usaha,
  2. Membuat laporan sesuai dengan kerangka Global Reporting Initiative (GRI/Prakarsa Pelaporan Global) yaitu pedoman Pelaporan Standar Generasi K etiga (G3 Standard Disclosure) serta Mining and Metals Sector Supplement (MMSS), dan
  3. Memberi jaminan (assurance) secara independen terhadap pelaksanaan komitmen.

Pada tahun 2009, kami mengembangkan dan melaksanakan pendekatan berbasis risiko terhadap seluruh Portofolio kegiatan kami dalam rangka lebih menegaskan, mengelola, dan memantau tantangan serta peluang pembangunan berkelanjutan yang terpenting bagi pemangku kepentingan maupun usaha kami. Kami pun akan memenuhi komitmen jaminan dengan melaporkan hal-hal sebagai berikut:

  • Penyelarasan kebijakan keberlanjutan dengan 10 Asas Pembangunan Berkelanjutan ICMM maupun persyaratan wajib yang tertuang di dalam pernyataan posisi ICMM;
  • Risiko dan peluang penting pembangunan berkelanjutan yang kami hadapi berdasarkan tinjauan yang dilakukan terhadap kegiatan usaha, maupun informasi dari pemangku kepentingan;
  • Keberadaan dan status berbagai sistem dan pendekatan yang digunakan dalam pengelolaan risiko dan peluang penting pembangunan berkelanjutan tersebut;
  • Kinerja kami terkait risiko dan peluang pembangunan berkelanjutan yang telah diidentifikasi; dan Pengungkapan wajib dalam level aplikasi A+ pada Pedoman Pelaporan Keberlanjutan GRI G3.