Berita

Alam Lestari Menjawab Isu Lingkungan

06 Juni 2016   |   CSR News
Share:

Pendidikan lingkungan adalah suatu proses untuk membangun manusia yang sadar & peduli terhadap lingkungan. Perlu kesadaran dan kepedulian dari seluruh elemen masyarakat untuk menjaga lingkungannya. Salah satu upaya untuk hal ini adalah dengan melakukan penyadaran sejak usia sekolah. Penyadaran yang dilakukan secara terus menerus ini niscaya akan menghasilkan generasi muda yang lebih peduli terhadap lingkungannya.

Salah satu program tahunan yang dijalankan oleh Departemen Lingkungan PTFI adalah program Alam Lestari yang telah dilaksanakan sejak 2006 lalu. Dalam melaksanakan program ini Departemen Lingkungan PTFI menggandeng dan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kabupaten Mimika, Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Mimika, dan beberapa peusahaan swasta di Timika.

Membangun pengetahuan dan kepeduliaan terhadap lingkungan; mewujudkan perilaku sadar lingkungan; meningkatkan kemampuan peserta program dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan isu-isu lingkungan; memberikan pengalaman lapangan kepada peserta program; meningkatkan kemampuan praktis dalam proses daur ulang; menghasilkan duta lingkungan Kabupaten Mimika adalah tujuan utama dari program Alam Lestari ini.

Pemilihan Pangeran Alam dan Putri Lestari 2016 telah dimulai sejak beberapa bulan lalu. Setelah melalui proses yang cukup panjang selama hampir 10 bulan mulai dari audisi, pembekalan materi dalam dan luar kelas, kunjungan lapangan, perkemahan lingkungan, kampanye lingkungan, pemilihan 15 besar, dan pemilihan Pangeran Alam dan Putri Lestari Angkatan ke-10 Tahun 2016 akhirnya mencapai final. Puncak kegiatan yang diselenggarakan di Multipurpose Kuala Kencana Rabu, (25/5). Kegiatan ini disponsori PT Freeport Indonesia, PT United Tractors dan PT Universal Tekno Reksajaya, bekerjasama dengan Balai Lingkungan Hidup (BLH) dan Dinas Pendidikan Dasar dan Kebudayaan (Dispendasbud) Kabupaten Mimika.

Emillia Ubra mewakili Depertemen Lingkungan Hidup PTFI mengatakan, bahwa Alam Lestari diikuti oleh perwakilan dari 25 Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Mimika, serta  telah melewati tahapan-tahapan ketat dari ujian secara tertulis dan lisan yang meliputi tes kepribadian, wawasan tentang pengetahuan alam, mental untuk menjadi seorang pemimpin, serta keberanian untuk berbicara di hadapan umum.

Dalam hasil seleksi yang telah dijalankan, maka terjaring 50 peserta untuk maju menuju ke babak selanjutnya hingga menjadi lima belas besar, dan akhirnya lolos menjadi juara atau Pangeran Alam dan Putri Lestari. Namun sebelum menuju ke babak lima belas besar, 50 peserta tersebut mendapatkan bimbingan khusus dengan mendapatkan materi Indoor dan Outdoor. Pemilihan Pangeran Alam dan Putri Lestari merupakan event tahunan yang digelar PTFI dan PT. UT- PT UTR bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Mimika. Diharapkan para finalis ini terutama yang terpilih sebagai pemenang dapat menjadi duta lingkungan di masa depan dan mampu menjawab isu lingkungan.

Dave Manuhutu perwakilan dari SMP ST Bernadus dan Theresia E.Tuosa perwakilan dari SMP Ebenhezer terpilih sebagai Putra Putri Alam Lestari ke X, yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Depertemen Lingkungan Hidup PT Freeport Indonesia. (Hendrikus)

Berita Terkait

 Berkomitmen Dukung Pemerintah Wujudkan Indonesia Bebas TB
 Program Pengembangan Berbasis Kearifan Lokal Tingkatkan Pendapatan Masyarakat
 PT Freeport Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Asmat
 LIMAR Terangi Tiga Kampung

Tata Kelola

Public Policy Committee of the Board of Commissioners of Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc. assist the Board carry out its oversight responsibilities within the company.

Selengkapnya