Berita

Gerbang Emas untuk Kesejahteraan Masyarakat

14 Agustus 2015   |   CSR News
Share:

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia PT Freeport Indonesia (PTFI) mencanangkan Gerakan Penanaman Pohon Kopi sebanyak 70.000 pohon di daerah Dataran Tinggi yang mencakup wilayah Aroanop, Tsinga, Opitawak, dan Hoeya. Dalam Kegiatan ini akan dilakukan pula peresmian Koperasi Induk Aroanop yang mendapatkan bantuan modal dari Dinas Koperasi dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Mimika, penyerahan bantuan modal kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), penyerahan bantuan bibit ternak dari Dinas Peternakan Kabupaten Mimika, penyerahan bantuan sarana produksi pertanian dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan  dan Perkebunan Kabupaten Mimika.

Rangkaian program ini diberi nama Gerakan  Kebangkitan Ekonomi Masyarakat Sejahtera yang disingkat dalam satu kalimat slogan “GERBANG EMAS” yang merupakan rencana strategis Pemda Kabupaten Mimika untuk mengembangkan ekonomi masyarakat di kampung melalui gerakan koperasi dan ekonomi kreatif, peningkatan perekonomian masyarakat kampung dalam bidang peternakan, dan pertanian; serta mempersiapkan ketahanan ekonomi masyarakat melalui penanaman kopi  sebagai komoditi unggulan bagi masyarakat asli Papua khususnya Kabupaten Mimika di daerah dataran tinggi. Program ini akan dijalankan pula di daerah dataran rendah dengan jenis kegiatan yang sesuai dengan kondisi daerahnya.

Saat ini Distrik Tembagapura  terdiri dari 13 kampung dengan jumlah penduduk 9.275 orang. Sebagai  program percontohan GERBANG EMAS akan dilakukan  di Desa Aroanop dan diharapkan dapat dilaksanakan juga pada kampung lainnya di daerah dataran tinggi dalam Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika pada tahun-tahun mendatang. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika dalam hal ini Pemerintah Distrik Tembagapura, Dinas Koperasi dan Ekonomi Kreatif, Dinas Peternakan, Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Bappeda, Bagian Pemerintahan Kampung dan di dukung oleh Community Development PT Freeport Indonesia.

Kegiatan akan dilakukan pada hari Selasa, (28/7), berlokasi di Omponi Kampung Aroanop;  kegiatan ini akan dihadiri oleh kurang lebih 750 orang, yang terdiri dari warga masyarakat 4 Kampung dari Aroanop, Ainggogin, Baluni, dan Jagamim  Pemerintah Kabupaten Mimika dan unsur Muspida serta dari PT Freeport Indonesia.

Pagi itu kampung Arwanop, yang biasanya sepi mendadak ramai dikunjungi para pejabat Pemerintahan Kabupaten Mimika, perwakilan dari manajemen PTFI dan jajaran TNI-POLRI. Peresmian program Gerbang Emas dan penyerahan barak TNI - AD, penyerahan bantuan 100 ekor bibit ternak babi, penanaman simbolis pohon kopi dilaksanakan. Hadir dalam kegiatan antara lain Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE, M.Si, Kapolres Mimika, AKBP Yustanto, SH.MSi, Danbrigif 20 IJK Mimika Kolonel Inf. Hendro Satoto, SE, Dandim 1710 Mimika Letkol Inf. Andi Kusworo, SE, Danyon 754 ENK Letkol Jerry H. Simatupang, Danlanal Timika Letkol Laut Viktor G. Siagian, Kepala Dinas PU Kab. Mimika Robert H. Mayaut, M.Si, EVP Community Development PTFI Sonny Prasetyo, Senior Manager Departemen CLO PTFI Lorens Woda, Manager Departemen SLD PTFI Yohanes Bewahan, dan Manager Government Relations PTFI Nico Parinussa.

Eltinus Omaleng dalam sambutannya memberikan dukungan sepenuhnya terhadap program-program pengembangan masyarakat yang telah digulirkan oleh PTFI khususnya program Gerbang Emas di Omponi. Bupati juga menyerahan bantuan dari Pemda Kab. Mimika kepada 3 (tiga) kepala kampung. Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan serah terima Barak TNI yang dibangun oleh PTFI kepada Dandim 1710 Mimika. (Hendrikus)

Berita Terkait

 PT Freeport Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Asmat
 LIMAR Terangi Tiga Kampung
 Green Mission, Misi Menjaga Keanegaragaman Hayati
 Pelepasliaran Satwa Langka dan Dilindungi ke Habitat Alam

Tata Kelola

Public Policy Committee of the Board of Commissioners of Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc. assist the Board carry out its oversight responsibilities within the company.

Selengkapnya