Berita

Air di Kuala Kencana Layak Minum

04 April 2016   |   Berita Lain News
Share:

Peringatan Hari Air Sedunia PTFI

Dalam rangka mem­peringati Hari Air Sedunia, PT Freeport Indonesia (PTFI) melalui Departemen Lingkungannya melakukan kegiatan sosialisasi dan kunjungan ke lokasi pengolahan air (Water Treatment Plant) Facilities Management di Kuala Kencana. Hadir dalam kegiatan ini, perwakilan dari masing-masing departemen, divisi, kontraktor yang ada di area kerja PTFI. Kegiatan yang mengangkat tema, "Water By People-Water For People", dan sub tema, "Water & Jobs" tersebut diawali dengan sosialisasi terkait penggunaan air dan kondisi air yang selama ini dikonsumsi oleh para karyawan yang ada di area Kuala Kencana dan LIP (Light Industrial Park).

Dalam kegiatan sosialisasi ini, Gema Fatahila, perwakilan dari Water Quality Control PHMC, menyampaikan materi terkait kondisi air yang ada di wilayah Kuala Kencana dan LIP. Menurut Gema, kualitas air yang selama ini diproduksi di Water Treatment Plant Kuala Kencana, sangat aman dan higienis untuk dikonsumsi. Sementara Frans Meokbun, perwakilan dari Facilities Management Water Treatment Plant, dalam materinya menyampaikan tentang lokasi-lokasi Water Treatment Plant (WTP) yang berfungsi melayani kebutuhan para karyawan dan komunitas. Lokasi-lokasi tersebut antara lain: WTP Kuala Kencana sumber airnya berasal dari air bawah tanah dengan empat sumur bor yang tersedia; WTP Timika Indah, sumber air berasal dari air bawah tanah dengan dua sumur bor; WTP Base Camp sumber airnya berasal dari air bawah tanah dengan tiga sumur bor.

Kemudian untuk WTP MP 38/39, sumber air berasal dari bawah tanah berupa tiga sumur bor, untuk WTP LIP sumber air berasal dari air bawah tanah berupa tiga sumur bor, dan WTP Portsite sumber air berasal dari air danau yang ada di MP28. Air yang tersedia di masing-masing wilayah terbukti dan teruji aman untuk dikonsumsi, karena telah melewati beberapa tahapan sterilisasi.

Manager Environmental PTFI, Gesang Setyadi dalam sambutannya di acara sosialisasi itu, mengatakan bahwa tidak dapat dipungkiri sebagian besar manusia yang ada di seluruh pelasok dunia, memerlukan air dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Gesang mengatakan, PTFI sendiri saat ini telah menjalankan suatu teknologi yang canggih, untuk mengolah air khususnya di WTP Kuala Kencana dan LIP untuk bisa langsung dikonsumsi. "Secara rutin PHMC melakukan kontrol dan pengecekan sehingga air yang ada di Kuala Kencana layak untuk diminum," katanya.

Lebih jauh Gesang mengatakan, "Kami juga mengajak seluruh karyawan untuk lebih bijaksana dalam menggunakan air, jangan sampai air yang sudah diproses dengan biaya yang cukup mahal ini dipakai tidak secara bijaksana," pesan Gesang Setyadi.

Harapan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah dapat memberikan informasi lebih lanjut kepada karyawan dan komunitas terkait dengan manfaat penggunaan air yang diproses di WTP. Hal ini diharapkan dapat mengubah perilaku karyawan dan komunitas agar meng­konsumsi air yang ada di area perusahaan, sehingga konsumsi air dalam kemasan dapat dikurangi.  Sumber: Harian Radar Timika, edisi 24 Maret 2016 - Peringatan Hari Air Sedunia PTFI – Air di Kuala Kencana Layak Minum

Berita Terkait

 Penerbangan dan Pelayaran Natal PTFI Bantu Ribuan Karyawan Pulang untuk Natal
 Sakrias Fobia: Dalam Hidup, Tidak Ada yang Tidak Bisa
 Peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia di area kerja Freeport Indonesia
 PT Freeport Indonesia Raih Penghargaan dalam Indonesia Most Admired Companies (IMACO) Award 2017

Tata Kelola

Public Policy Committee of the Board of Commissioners of Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc. assist the Board carry out its oversight responsibilities within the company.

Selengkapnya