Berita

Inovasi Minegem Productivity Improvement Project Raih Penghargaan Tertinggi

14 Oktober 2015   |   OPERASIONAL News
Share:

Dari Ajang Operational Excellence Conference and Award 2015

PT Freeport Indonesia (PTFI) adalah organisasi yang haus akan pengembangan, perubahan menuju titik yang lebih baik. Segala daya dan upaya akan senantiasa diupayakan untuk mencapai perubahan yang berkelanjutan demi kesuksesan organisasi.

Dalam dunia usaha, dikenal istilah operational excellence (OPEX) atau keunggulan operasional jika diartikan secara harafiah. Apakah yang dimaksud dengan operational excellence? Secara umum operational excellence dapat didefinisikan sebagai elemen kepemimpinan dalam organisasi yang menekankan penerapan beragam prinsip, sistem-sistem dan peralatan yang digunakan untuk menuju perubahan kinerja utama secara berkelanjutan. Setiap bidang usaha mengenal istilah ini, termasuk bidang usaha kita, pertambangan.

Pada 12 Oktober yang lalu, PTFI berhasil menyabet penghargaan membanggakan atas pencapaian dalam penerapan operational excellence di organisasi. PTFI meraih penghargaan tertinggi (Gold Achievement) di ajang Operational Excellence Conference and Award 2015 melalui pencapaian PTFI dalam Minegem Productivity Improvement Project.

Minegem adalah salah satu penerapan operational excellence dalam proses bisnis di PTFI. Minegem merupakan sistem pengoperasian otomatis peralatan bergerak tambang bawah tanah yang diperkenalkan oleh Caterpillar. Sistem ini dirancang untuk meningkatkan keselamatan dan efisiensi serta efektivitas operator dalam operasi tambang bawah tanah.

Salah satu cara untuk melakukan perbaikan yang berkelanjutan adalah dengan terus menerus mencari ruang untuk penyempurnaan. The sky is the limit. Untuk menyempurnakan penerapan Minegem di PTFI, Manajemen menjalankan proyek Minegem Productivity Improvement dengan tujuan melakukan peningkatan implementasi Minegem dalam praktik penambangan bawah tanah. Hal ini memang signifikan mengingat pasca 2018, penambangan di PTFI akan dilakukan secara penuh dari tambang bawah tanah.

Dari hasil penilaian dan evaluasi yang dilakukan oleh Manajemen, ditemukan solusi peningkatan penerapan Minegem dalam penambangan bawah di PTFI yaitu dengan peningkatan availability Minegem LHD (Load-Haul-Dump – alat berat loader yang digunakan di tambang bawah tanah). Proyek ini menghasilkan peningkatan produksi Minegem LHD sekitar 4,6 kilo ton per day (KTPD).

Selain berhasil menghasilkan manfaat-manfaat yang terukur, proyek Minegem Productivity Improvement ini juga memberikan manfaat kualitatif seperti: berhasil melahirkan koordinasi lintas departemen di dalam PTFI, yakni antara Maintenance, Operations, dan Engineering. Lebih daripada itu, peningkatan ini dapat semakin memperbesar peluang tercapainya zero accident melalui penerapan Minegem yang teratur dan terukur.

Pengakuan atas pencapaian peningkatan kualitas operational excellence PTFI ini diberikan oleh OPEXCON, sebuah konferensi operational excellence terbesar di Indonesia yang menghimpun industri dari berbagai bidang untuk melahirkan inspirasi dan ide baru mengenai transformasi, baik dalam skala perusahaan maupun proyek.

Penganugerahan penghargaan berlangsung pada 12 Oktober 2015 di Hotel JW Marriott Jakarta. PTFI diwakili oleh Tomy Indarto dan Leader Program OPEX Fadjar Ananto.

“Dalam kondisi sulit seperti saat ini adalah sebuah keharusan untuk kita selalu melakukan continuous improvement dalam segala hal dan penghargaan Gold Achievement ini adalah sebuah pengakuan dari pihak luar akan kualitas proyek-proyek perbaikan yang dilakukan di lingkungan PTFI,” terang Fadjar. (Miko Sularso)

Berita Terkait

 Resmi dibuka, Mess Hall Kenanga Megah di Super Block Ridge Camp
 Srikandi-srikandi Tambang Bawah Tanah
 Fasilitas Pengolahan Air Terbaik di Tambang Bawah Tanah PTFI
 Penggunaan Simulator Wujudkan Efisiensi Biaya & Keselamatan Kerja

Tata Kelola

Public Policy Committee of the Board of Commissioners of Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc. assist the Board carry out its oversight responsibilities within the company.

Selengkapnya