Berita

Aksi Nyata Misi Kemanusiaan PTFI

15 Juni 2015   |   CSR News
Share:

 

Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) jalan santai bersama ratusan warga dalam rangka peringatan Hari Donor Darah Sedunia di kawasan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Minggu.

Jalan santai dilaksanakan mulai dari pintu barat Monas menyusuri Jalan MH Thamrin hingga ke depan Sarinah. Aksi jalan santai tersebut juga diwarnai dengan pembagian bunga sebagai tanda terima kasih kepada para pendonor.

Peringatan Hari Donor Darah Sedunia kali ini dengan tema "Terima Kasih Telah Menyelamatkan Nyawaku" dimaksudkan agar tumbuh kesadaran masyarakat akan pentingnya kebutuhan darah yang aman.

Dalam kegiatan tersebut, Wapres juga mencanangkan desa donor darah. Desa donor darah dimaksudkan agar aksi donor darah dapat disosialisasikan hingga ke desa-desa sehingga transfusi darah dapat dilakukan dengan cepat sesuai kebutuhan.

"Wajarlah kita berterima kasih kepada semua. Penduduk kita 250 juta jiwa, tiap tahun kita butuh lima juta kantong darah, karena itu PMI dan seluruh aparatnya di Indonesia harus bekerja keras mendorong masyarakat menyumbangkan darah," kata Wapres Kalla.

Wapres mengatakan, hari ini merupakan hari untuk berterima kasih kepada masyarakat yang dengan tulus setiap saat membantu sesama manusia memberikan kehidupan penyelamatan dengan cara mendonorkan darahnya untuk semua.

Pada kesempatan itu, Wapres juga menerima lima unit mobil donor darah sumbangan dari Freeport yang akan ditempatkan di sejumlah wilayah seperti Papua, Jakarta, Jawa Timur dan lain sebagainya.

Selain itu, Freeport juga membantu memperbaiki dan merevitalisasi peralatan donor darah. "Saya berterima kasih dan tentu kita harapkan ini menjadi contoh yang baik. Kita punya 110 unit mobil donor darah seperti ini dan akan kita tambah terus," katanya.

Mobil donor darah tersebut sejatinya dimanfaatkan untuk masyarakat karena pada dasarnya dari masyarakat untuk masyarakat karena kekurangan darah bisa terjadi pada siapa saja," ujar Wapres.

Sumbangan mobil donor darah ini merupakan komitmen misi kemanusiaan bersama yang terjalin antara PT Freeport Indonesia dan PMI. Penyerahan unit mobil donor secara simbolis dilakukan oleh Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin kepada Sekretaris Jendral PMI Ritola Tasmaya di Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta. Pada hari Selasa (9/6), PMI dan PTFI telah menandatangani nota kerjasama untuk mendukung pelayanan kemanusiaan.

Dalam sambutannya hari Selasa, Maroef Sjamsoeddin menyampaikan bahwa melalui program Tanggungjawab Sosial Perusahaannya PTFI akan menyumbangkan 5 unit mobil donor darah. Kelima unit tersebut akan diterjunkan ke beberapa wilayah di Indonesia seperti Papua, Papua Barat, Jakarta, dan beberapa daerah lain di Jawa. (Desi Purnamawati)

Artikel diambil dan disunting dari Antara, Wapres Jalan Santai Peringati Hari Donor Darah http://www.antarasumbar.com/berita/150091/wapres-jalan-santai-peringati-hari-donor-darah.html

Berita Terkait

 Program Pengembangan Berbasis Kearifan Lokal Tingkatkan Pendapatan Masyarakat
 PT Freeport Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Asmat
 LIMAR Terangi Tiga Kampung
 Green Mission, Misi Menjaga Keanegaragaman Hayati

Tata Kelola

Public Policy Committee of the Board of Commissioners of Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc. assist the Board carry out its oversight responsibilities within the company.

Selengkapnya