Penghargaan

2015

  1. Sosial media PT Freeport Indonesia meraih Social Media Award 2015 dalam kategori perusahaan tambang yang diselenggarakan oleh Frontier Consulting Group dan Majalah Marketing. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang dinilai memiliki share of voice besar serta memiliki sentimen yang baik di media sosial.
  2. Meraih penghargaan Platinum untuk Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV & AIDS di Tempat Kerja, dari Kementerian Tenaga Kerja.
  3. Meraih penghargaan untuk Kategori Mengembangkan Keanekaragaman Hayati untuk Program ‘Penerbitan Buku Burung dan Buku Katak’ dalam event Indonesia Green Awards 2015.
  4. PT Freeport Indonesia meraih penghargaan tertinggi (Gold Achievement) di ajang Operational Excellence Conference and Award 2015 melalui pencapaian PTFI dalam Minegem Productivity Improvement Project.
  5. Tim Geographical Information Services (GIS), Divisi Geo Engineering PT Freeport Indonesia meraih penghargaan Special Achievement in GIS (SAG) 2015 pada acara ESRI User Conference 2015, San Diego, California, US. Penghargaan tersebut diberikan kepada team pengembang GIS di seluruh dunia sebagai pengakuan prestasi yang luar biasa penggunaan terhadap Teknologi GIS.

2014

  1. Freeport Indonesia meraih penghargaan sebagai Indonesia Best Corporate Public Relations Program 2014 for Program: Crisis Communication Handling Post-Accident in Underground Training Facility, dari Majalah Mix Marketing Communications.
  2. Website PT Freeport Indonesia mendapat penghargaan dari BeritaSatu.com sebagai Website Terbaik untuk Kategori Perusahaan Tambang dan Migas.
  3. Social media Freeport Indonesia dinilai terbaik dari 3 besar perusahaan dalam kategori Mining dalam Social Media Achievement Award 2014 yang diselenggarakan oleh Frontier Consulting Group dan Majalah Marketing.
  4. Freeport Indonesia mendapat Predikat ‘Perusahaan Baik’ untuk Program Institut Pertambangan Nemangkawi dalam event Indonesia Social Responsibility Awards 2014 yang diselenggarakan oleh The La Tofi School of CSR.
  5. Meraih penghargaan untuk Kategori Mengembangkan Keanekaragaman Hayati untuk Program ‘Pengembangan Diorama Ekosistem dengan Tanaman Endemik di Mini Botanical Garden dan Kupu-kupu yang Bertelur dan Berkembang Biak di Taman Kupu-kupu’ dalam event Indonesia Green Awards 2014.
  6. Kementerian Sosial melalui Forum CSR memberikan apresiasi kepada PT Freeport Indonesia atas peran aktif dalam kegiatan tanggung jawab sosial dunia usaha di bidang penyelenggaraan kesejahteraan sosial di wilayah Komunitas Adat Terpencil (Eka Karsa Padmamitra).
  7. Tim Emergency Preparedness & Response Group (ERP) PT Freeport Indonesia meraih Juara Umum dalam Indonesia Fire Rescue Challenge (IFRC) ke-17.
  8. PT Freeport Indonesia melalui Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) memperoleh Empat Penghargaan dalam Indonesia CSR Award (ICA) 2014 yang diselenggarakan oleh Corporate Forum for Community Development (CFCD). Lima penghargaan tersebut adalah Platinum untuk Program Pendidikan dan Mimika Sehat (Membangun Inisiatif Masyarakat untuk Ibu, Keluarga dan Anak Sehat), Gold untuk Program Tapare Pararoko (Lingkungan Sehat), Silver untuk Pencegahan dan Penanggulangan Malaria di Kampung Terisolir dan di Kota Timika dalam rangka eliminasi Malaria tahun 2026. Serta Seketaris Eksekutif LPMAK terpilih sebagai Terbaik 2 untuk Peserta Perorangan tingkat Manajemen.

2013

  1. Program Biodiversity Freeport Indonesia mendapat Predikat Pelestari Keanekaragaman Hayati dari La Tofi School of CSR di ajang Indonesia Green Awards 2013.

  2. Tim Tanggap Darurat (Emergency Preparedness & Response Group) Freeport Indonesia meraih Empat Medali Emas dalam Indonesian Fire Rescue Challenge (IFRC) Competition yang diselenggarakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan meraih the Best Team Performance. 

  3. Freeport Indonesia meraih Delapan Penghargaan dalam Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat (GKPM) Awards dari Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia dan Corporate Forum for Community Development (CFCD). Empat penghargaan Platinum untuk Partisipasi Penciptaan Lapangan Kerja Baru; Program Pelayanan Kesehatan Anak dan Balita; Program Partisipasi Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil dan Kelahiran; Program Partisipasi Penanggulangan dan Pencegahan HIV/AIDS, Malaria, TBC dan Penyakit Menular Lainnya. Empat penghargaan Gold untuk Program Pendidikan Dasar 9 Tahun; Program Partisipasi Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil dan Kelahiran; Program Partisipasi Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil dan Kelahiran; Program Partisipasi Penanggulangan dan Pencegahan HIV/AIDS, Malaria, TBC dan Penyakit Menular Lainnya; dan Program Penciptaan Akses Terhadap Air Minum/ Bersih dan Sanitasi Lingkungan.

  4. Juara terbaik ketiga tingkat perseorangan untuk lembaga mitra dalam Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat (GKPM) Awards, dengan menampilkan profile Manager Koperasi Maria Bintang Laut, Benyamin Meo.

 

2012

  1. Freeport Indonesia meraih Enam Penghargaan Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat (GKPM) Awards dari Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia dan Corporate Forum for Community Development (CFCD). Tiga penghargaan Platinum untuk Program Pengembangan Ekonomi Masyarakat Berbasis Desa, Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil Dan Kelahiran, Pengendalian Malaria Dan Penanggulangan HIV & AIDS. Tiga pengharaan Gold untuk Program Pelayanan Kesehatan Peningkatan Gizi Balita, Program Pendidikan Dasar 9 Tahun, dan Penciptaan Akses Air Minum/bersih dan Sanitasi Lingkungan yang telah dilaksanakan di Kabupaten Mimika.

    Penghargaan Platinum untuk Program P2-HIV & AIDS di Tempat Kerja dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia.
     
  2. Meraih Best of the Best AIDS Award 2012 untuk Program P2-HIV & AIDS di Tempat Kerja dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia.
  3. Meraih penghargaan The Best in Mining Industry Category dalam Strategy-into-Performance Execution Excellence (SPEx2) Award melalui Program Operation Excellence (OpEx).
  4. Tim Tanggap Darurat (Emergency Response Group) Freeport Indonesia meraih Empat Medali Emas dalam Fire Rescue Challenge (IFRC) dan meraih The Best Team Performance.

2011

  1. PT Freeport Indonesia (PTFI) mendapat Penghargaan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) atas bantuan dan partisipasi aktif dalam menangani bencana Tsunami di Mentawai, gunung Merapi dan banjir bandang di Wasior tahun 2010.

    Corporate Image Award 2011 in Mining from Bloomberg BusinessWeek Indonesia Magazine.
     
  2. Penghargaan Perusahaan Idaman 2010 dari majalah Warta Ekonomi
  3. PT Freeport Indonesia (PTFI) menerima penghargaan Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat (GKPM) Awards. Dua penghargaan yang diterima tersebut adalah penghargaan "Gold" atau Emas untuk program partisipasi pelayanan kesehatan ibu hamil dan melahirkan dan program penciptaan akses air minum/bersih dan sanitasi lingkungan yang telah dilaksanakan di Kabupaten Mimika.

    Tim Emergency Response Group (ERG) PT Freeport Indonesia (PTFI) kembali mempertahankan gelarnya sebagai juara umum Indonesian Fire & Rescue Challenge (IFRC).
     
  4. PT Freeport Indonesia (PTFI) menerima Penghargaan Indonesia Green 2011 dari dewan juri 'Indonesia Green Awards 2011' yang diserahkan pada acara yang digelar oleh La Tofi School of CSR dan Majalah 'Bisnis & CSR' dengan dukungan dari Kementerian Kehutanan.
  5. PT Freeport Indonesia (PTFI) menerima penghargaan atas komitmennya dalam mencegah dan memerangi AIDS di Indonesia dari Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono sebagai ketua Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPA).
  6. PT Freeport Indonesia (PTFI) menerima penghargaan Strategy-into Performance Execution Excellence (SPEx2) dari GML Performance Consulting & Majalah Fortune Indonesia sebagai Best in Operational Execution atau Terbaik Pelaksanaan Operasional.

    PT Freeport Indonesia (PTFI) meraih penghargaan untuk Program P2 (Pencegahan dan Penanggulangan) HIV dan AIDS di Tempat Kerja kategori Platinum dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi
     
  7. Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme Kamoro (LPMAK) dan PT Freeport Indonesia (PTFI) menerima penghargaan Platinum dan Perak pada penyelenggaraan Indonesia CSR Awards (ICA) 2011 yang diselenggarakan oleh Corporate Forum for Community Development (CFCD) bekerjasama dengan Kementerian Sosial RI, dan didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Kementerian Negara Perumahan Rakyat, Kementerian Negara Lingkungan Hidup, Kementerian Kehutanan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, dan Kementerian Negara Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal.
  8. SMP YPJ Kuala Kencana berhasil meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata 2011 dari Kementerian Lingkungan Hidup, Republik Indonesia. Penghargaan Adiwiyata ini adalah penghargaan yang diberikan kepada sekolah-sekolah yang dinilai berhasil mendidik siswa menjadi individu yang bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup.

2010


  1. PT Freeport Indonesia (PTFI) meraih penghargaan Tujuan-tujuan Pembangunan Milenium atau "Millennium Development Goals (MDGs)" tahun 2010 untuk tujuan No. 2 "Pendidikan Dasar untuk Semua". Director - EVP & CAO PTFI Sinta Sirait dan EVP - External Relations PTFI Sonny Kosasih bersama Utusan Khusus Presiden RI untuk MDGs Prof. Nila F. Moeloek dan Wakil Menteri Pendidikan Prof. Fasli Djalal saat menerima penghargaan.
  2. PT Freeport Indonesia (PTFI), menerima Penghargaan Aditama (Emas) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) atas upaya yang dilakukan PTFI dalam pengelolaan lingkungan pertambangan. PTFI meraih Penghargaan Aditama untuk kategori pertambangan mineral.
  3. PT Freeport Indonesia (PTFI) menerima Piagam Penghargaan Utama (Perak) di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dari Kementerian Energi & Sumber Daya Mineral (KESDM) atas upaya yang dilakukan PTFI dalam upaya peningkatan pengelolaan keselamatan pertambangan.
  4. PT Freeport Indonesia (PTFI) menerima penghargaan Platinum, Emas dan Perak atas prestasi dan pencapaian PTFI dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat lokal di sekitar perusahaan pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) – CSR Awards 2010, Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat yang bertema "Pemberdayaan Masyarakat untuk Penanggulangan Kemiskinan" dan diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat bekerjasama dengan Corporate Forum for Community Development (CFCD) di Jakarta (21-24/10).
  5. Majalah Freeporter PT Freeport Indonesia (PTFI) dianugerahi oleh Perhimpunan Hubungan Masyarakat (Perhumas) Indonesia sebagai juara kedua untuk kategori in-house magazine dalam kompetisi dengan nama "Ing Griya" yang diselenggarakan organisasi tersebut untuk tahun 2010.

  6. PTFI meraih penghargaan sebagai juara 1 kategori "Good Mining Practice" dan juara 3 kategori "Best Mining Company in Advance Technology Implementation" dari Majalah Tambang dalam malam Penganugerahan Tambang Awards 2010 dalam ajang Indonesia Mining Updates 2010.

2009

  1. Leonardus Kocu dan Verdy Abdullah dari Departemen Social Outreach & Local Development (SLD) PT Freeport Indonesia (PTFI) menerima penghargaan Perak atas prestasi dan pencapaian mereka dalam kegiatan pendampingan (individu) bagi masyarakat lokal di sekitar perusahaan pada PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) – CSR Award 2009, Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat bekerjasama dengan Corporate Forum for Community Development (CFCD) di Jakarta (15/8). Leonardus Kocu menerima penghargaan dalam kategori pembuatan kebijakan, dan Verdy Abdullah menerima penghargaan dalam kategori pelaksana.
  2. PT Freeport Indonesia (PTFI) menerima dua Piagam Penghargaan Aditama (Emas) dan empat Penghargaan Utama (Perak) di bidang Pengelolaan Lingkungan serta Piagam Penghargaan Pratama di bidang K3, dari Departemen Energi & Sumber Daya Mineral (DESDM) atas upaya yang dilakukan PTFI dalam menjaga lingkungan dan keselamatan pertambangan.
  3. PT Freeport Indonesia (PTFI) meraih penghargaan sebagai salah satu Pelapor Lalu Lintas Devisa (LLD) Terbaik untuk kategori Perusahaan Non-Lembaga Keuangan dari Bank Indonesia (BI). Penghargaan tersebut diberikan kepada perusahaan yang melaporkan LLD dengan akurat, tepat waktu, kooperatif serta responsif dalam diskusi dan survei yang berkaitan dengan LLD yang dilakukan oleh BI.
  4. PT Freeport Indonesia (PTFI) menerima lima penghargaan dari Menteri Negara Perumahan Rakyat (Menpera) Republik Indonesia atas tanggung jawab sosial dan lingkungan di bidang perumahan ditinjau melalui aspek-aspek antara lain kebijakan perusahaan, kelembagaan, implementasi, kemitraan, dan keberlanjutan program.