Pengeringan & Pengapalan

Portsite merupakan bagian yang sangat penting dari kegiatan kami, sarana menerima bahan-bahan dan perlengkapan yang diperlukan serta mengirimkan konsentrat kami dengan kapal.


Kegiatan di Portsite

Pengeringan dan Penyimpanan Konsentrat


Alur pengeringan

Slurry (bubur) konsentrat dikeringkan dengan 3 unit rotary vacuum disc filter dan satu unit filter pressure yang baru. Konsentrat yang mengeras (cake) dari rotary vacuum disc filter selanjutnya dikeringkan dengan 3 buah pembakar rotary kiln. Konsentrat kering dengan kandungan air sekitar 9% disimpan di dalam gudang konsentrat yang berkapasitas total sekitar 135.000 ton metrik. Ruang penyimpanan tambahan tersedia pada pads di samping pabrik pengering.

Pengapalan Konsentrat


Filter pressure dryer

Sebagai proses akhir, konsentrat dari gudang dimuat ke kapal dengan menggunakan ban berjalan (conveyor). Kapal konsentrat dimuat sebagian pada dermaga 'concentrate jetty' dan selanjutnya kapal berlabuh di Sea Buoy A (lepas pantai) untuk menyelesaikan sisa pemuatan dengan menggunakan kapal tongkang. Penggunaan tongkang diperlukan karena kedalaman air yang tidak memungkinkan kapal angkut untuk pemuatan penuh secara langsung. Setiap tahun kami mengapalkan konsentrat lebih dari 100 kapal.

Pembangkit Listrik

PLTU berbahan bakar batubara dengan kapasitas 195MW (3x65MW) terletak di Portsite. Pengiriman batubara dari kapal diterima dan dipindahkan ke tongkang batubara sebelum dibongkar di 'coal jetty' kami dan disimpan di dalam gudang batubara. Listrik dari PLTU disalurkan ke pabrik pengolah melalui jaringan distribusi 230KV sepanjang 115 km.

Cargo Dock

Bahan dan perlengkapan diterima dan dibongkar di cargo dock untuk diangkut ke berbagai daerah operasional kami di lokasi. Daerah cargo dock di Portsite berfungsi sebagai lokasi pusat distribusi barang untuk pengangkutan ke seluruh lokasi.