Kesehatan Komunitas

Salah satu prioritas tertinggi Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc. dan Freeport Indonesia adalah memperbaiki tingkat kesehatan umum dari kelompok-kelompok masyarakat tempat kami beroperasi. Sakit dan penyakit dapat mengganggu para karyawan, keluarga mereka, dan jaringan masyarakat yang mendukung prasarana sebuah komunitas. Kami berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah dan organisasi-organisasi lain dalam mengidentifikasi dan membuat prioritas dari kebutuhan prasarana dan layanan perawatan kesehatan yang belum terpenuhi, dan kami bekerja dengan para mitra untuk mencoba mengisi kesenjangan-kesenjangan itu. Pendanaan dari perusahaan telah membantu meningkatkan perawatan medis, akses pada obat-obatan, pendidikan kesehatan, dan program-program pencegahan.

Di Kabupaten Mimika di Papua, PT Freeport Indonesia menjadi mitra terdepan dalam pengembangan layanan kesehatan kuratif dan preventif. Perusahaan menyokong layanan kesehatan pemerintah untuk seluruh penduduk Mimika dengan pendanaan, prasarana, dan dukungan teknis. Kami mendanai 2 rumah sakit melalui kemitraan kemasyarakatan kami dengan LPMAK, dan kami mengoperasikan 4 puskesmas sebagai bagian dari Departemen Kesehatan Masyarakat dan Pengendalian Malaria (Public Health and Malaria Control, PHMC) PT Freeport Indonesia. Sarana-sarana kesehatan ini setiap tahunnya menyediakan layanan perawatan di luar dan konsultasi untuk 150.000-200.000 pasien rawat jalan dan layanan perawatan di dalam untuk lebih dari 10.000 pasien rawat inap di rumah sakit. Lebih lanjut, kami menyediakan program kesehatan ibu dan anak, layanan sinar-X dan laboratorium gratis melalui kemitraan dengan puskemas pemerintah di Timika, serta penyediaan air bersih untuk sejumlah komunitas yang didanai.

img
RS Mitra Masyarakat

Mimika merupakan salah satu kabupaten dengan pertumbuhan paling pesat di Indonesia. Wilayah yang tiga dasawarsa lalu menyokong hanya beberapa ribu orang yang tinggal di kampung-kampung terpencil dan saling terpisah jauh ini sekarang menjadi rumah bagi lebih dari 150.000 orang. Seiring banyaknya pemukim baru berdatangan dari tempat-tempat lain di provinsi ini dan dari seantero nusantara untuk mencari lapangan pekerjaan dan kesempatan, pertempuran melawan berbagai penyakit seperti malaria, TBC, dan infeksi yang bertransmisi secara seksual, termasuk HIV/AIDS, menjadi kian rumit. PT Freeport Indonesia sedang menangani tantangan-tantangan ini dengan cara mendukung program-program perawatan kesehatan yang bermutu. Kami juga telah mendukung studi-studi besar internasional untuk menangani malaria di daerah setempat.

Pada tahun 2008, Departemen Kesehatan Masyarakat dan Pengendalian Malaria Freeport Indonesia bekerja sama dengan LPMAK menyediakan pelatihan bagi staf Biro Kesehatan LPMAK dan sebuah ornop lokal untuk melaksanakan program pengendalian malaria di daerah-daerah terpencil di Mimika. Melalui transfer keterampilan dan pengetahuan kepada para mitra lokal, Freeport Indonesia berharap dapat meningkatkan keberlanjutan program kesehatan yang akan memberikan manfaat di masa datang.

img
Pengendalian Malaria