PT Freeport Dorong Pengusaha Muda Asli Papua Go Digital

20 May 2022

Pengembangan bagi Youth Entrepreneur atau pengusaha muda lokal asli Papua resmi digelar di Swiss-Bel Hotel Jayapura, Papua, Kamis 19 Mei 2022. Forum Bisnis Daerah Papua yang berlangsung selama 3 hari dibuka oleh Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Oke Nurwan dengan diikuti kurang lebih 100 pengusaha muda asli Papua. Selain dukungan dukungan penuh dari PT Freeport Indonesia, kegiatan yang berlangsung selama 3 hari juga melibatkan Kementerian Perdagangan RI, Sampoerna Retail Community (SRC), Papua Muda Inspiratif dan Kitong Bisa Foundation.

Oke Nurwan dalam pembukaan mengharapkan para peserta yang berasal dari berbagai daerah di Papua dan Papua Barat mampu mengembangkan semangat kewirausahaan terutama di kalangan milenial. Para peserta juga diharapkan memberikan kontribusi yang rill tentang peran korporasi dalam menjaga stabilitas ekonomi di Indonesia, serta memberikan solusi aktif dalam menjaga pertumbuhan ekonomi dan menjadi motor penggerak pemulihan ekonomi di masa pandemi.

Vice Presiden Community Relation PT Freeport Indonesia, Engel Enoch dalam sambutannya mengatakan, berkumpulnya pengusaha muda Papua adalah moment yang sangat luar biasa. Engel berharap dukungan Freeport mampu berkontribusi menciptakan entrepreneur orang asli Papua yang mempunyai skill dan kemandirian yang dapat membuka lapangan pekerjaan baru di negeri sendiri. "Kami sangat menyambut baik kegiatan ini dan atas nama PT Freeport Indonesia kami merasa senang menjadi bagian dari kegiatan ini. Kami harap kontribusi dalam Forum Bisnis Daerah itu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Papua," ucap Engel.

Ia menjelaskan, keterlibatan PT Freeport pada pelatihan UMKM bagi pengusaha muda lokal adalah kontribusi dalam mendukung program 30 juta UMKM yang bakal go digital di tahun 2024. Maka itu, PT Freeport terus mendorong pelaku usaha muda yang mandiri sehingga mampu bersaing dan melihat peluang di daerahnya. "Kami mendukung itu, sehingga UMKM bisa on boarding di platform digital dan mencapai apa yang disampaikan Bapak Billy Mambrasar tadi," ucapnya. Menurutnya, potensi daerah di Papua sangat banyak dan menjadi tantangan pelaku usaha untuk menguasai teknologi maupun skill yang dapat berdampak maksimal bagi kesejahteraan masyarakat lokal.

Hal ini menunjukkan tantangan bagi seorang entrepreneur terutama di Papua sangatlah besar dan tak mudah. Tak hanya tenaga, waktu dan kesabaran juga diperlukan untuk meraih sukses. "Nah, forum hari ini salah satu cara untuk meraih kesuksesan tersebut. Di sini kita akan belajar dan tentu berkesempatan untuk terus maju terutama dengan memanfaatkan digital," ujarnya.

Sekadar diketahui, dalam forum bisnis lokal tersebut juga diikuti Billy Mambrasar selaku Staf Khusus Presiden RI dengan memberikan sambutan secara daring. Di mana pada hari pertama dilakukan diskusi dan peluncuran digitalisasi SRC di Papua. Sementara pada hari kedua, peserta berkesempatan mengunjungi toko SRC di Jayapura, serta menerima materi tentang pengembangan UMKM di Papua, termasuk materi SDgS PT. Freeport Indonesia yang rencananya dibawakan oleh Kerry Yarangga selaku Manager Corporate Communication. Di akhir acara akan ada penyerahan bantuan modal usaha oleh PT Freeport kepada pelaku usaha muda.

 

http://kabarpapua.co/pt-freeport-dorong-pengusaha-muda-asli-papua-go-digital

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 2
05 May 2017

Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Komoro (LPMAK), sebuah lem...

20 July 2017

PT Freeport Indonesia menggandeng pemerintah daerah setempat membuat k...