PT Freeport Indonesia Bangun Sport Centre Mimika Berstandar Internasional

29 September 2021

TIMIKA - Berbagai infrastruktur olahraga kelas dunia sudah dibangun saat perhelatan PON XX Papua diempat klaster please. Salah satunya Stadion Indoor Mimika Sports Centre. Venue Mimika Sport Centre (MSC) merupakan stadion yang akan digunakan untuk Pesta Olahraga Nasional (PON) 2021 yang terletak di Kelurahan Wanagon, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Papua. Mimika Sport Complex (MSC) adalah kompleks olahraga yang dibangun sejak tahun 2013 lalu.

MSC berstandar internasional dibangun PT Freeport Indonesia dengan menghabiskan biaya sekitar 33 juta dolar AS atau sekitar Rp468 miliar di atas lahan seluas 12,5 hektar milik Pemkab Mimika. MSC ini telah selesai dibangun sejak tahun 2016 lalu dan akan digunakan untuk PON XX tahun 2021.

Mimika Sport Center itu adalah kompleks olahraga yang didalamnya terdapat stadion indoor, outdoor, asrama atlet, dan bangunan penunjang lain. Hebatnya, venue ini sudah bertaraf Internasional dan terakreditasi IAAF. Dengan kapasitas 5.500 penonton, stadion di Timika, Kabupaten Mimika ini dapat mempertandingkan cabang olahraga bola basket.

Di lokasi tak berjauhan terdapat Stadion Timika yang berkapasitas 3.500 penonton dan mempertandingkan cabang olahraga sepakbola serta atletik. Mimika Sport Complex ini mengusung tema yang mengangkat kearifan lokal. Burung cendrawasih adalah ciri khas tanah Papua, maka dari itu atap tribun stadion outdoor dibentuk menyerupai ekor burung cendrawasih.

Venue GOR Basket Mimika Sport Complex terletak di Cluster Kab. Mimika, dimana kapasitas venue tersebut dapat menampung sebanyak 20.000 orang. Cabor yang akan dilaksanakan di Venue GOR Basket Mimika Sport Complex yaitu Bola Basket.

Adapun sumber anggaran Venue GOR Basket Mimika Sport Complex berasal dari CSR PT. FI. MSC memiliki fasilitas stadion indoor, stadion outdoor, ruang fitnes, kantor, ruang tindakan medis, kantin, retail store, toilet, dan parkiran yang dapat menampung 500 kendaraan, serta ampiteater yang bisa digunakan untuk gathering.

Selain itu ada pula asrama dan ruang makan yang dapat menampung 100 atlet dan official Untuk stadion indoor bisa digunakan untuk cabang olahraga basket, voli dan badminton, dengan tribun penonton yang bisa menampung 5.500 orang serta 75 kursi VIP.

Sedangkan stadion outdoor untuk cabor atletik, memiliki tribun yang bisa menampung 3.500 penonton. Di tribun barat terdapat 2.100 kursi penonton dan 104 kursi VIP, sementara di tribun timur terdapat 1.300 kursi penonton dan 56 kursi VIP.

Pada stadion outdoor terdapat lapangan dari rumput khusus yang didatangkan dari Swiss termasuk juga lintasan lari sepanjang 400 meter. Untuk material lintasan lari menggunakan bahan khusus yang didatangkan dari Jerman.

Di sisi lapangan lainnya juga terdapat area untuk cabor atletik lainnya seperti lempar lembing, lempar cakram, tolak peluru, lompat jauh, lompat galah, dan sebagainya. Sementara di bagian belakang terdapat lintasan lari sepanjang 150 meter yang dapat digunakan atlet untuk berlatih dan pemanasan sebelum bertanding.

Peralatan olahraga untuk digunakan pada PON juga sudah telah disiapkan. Listrik di MSC sebesar 197 KVA dari PLN. Namun, MSC ini juga memliki mesin diesel degan kekuatan 80 KVA.

 

https://papua.tribunnews.com/2021/09/29/pt-freeport-indonesia-bangun-sport-centre-mimika-berstandar-internasional

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 2
05 May 2017

Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Komoro (LPMAK), sebuah lem...

20 July 2017

PT Freeport Indonesia menggandeng pemerintah daerah setempat membuat k...