Pukulan tifa tandai peresmian Mimika Sport Complex oleh Gubernur Papua

05 October 2021

Bunyi pukulan alat musik tradisional tifa menandai peresmian GOR Mimika Sport Complex (MSC) oleh Gubernur Papua Lukas Enembe, Selasa. Dalam acara seremonial itu, Lukas yang didampingi oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan Presiden Direktur Freeport Indonesia Tony Wenas juga menandatangani prasasti peresmian GOR MSC. "Hari ini saya datang untuk meresmikan atas prestasi dibuat di Mimika atas gedung ini, bangunan ini," ujar Lukas dalam sambutannya di GOR MSC, Mimika, Papua.

Lukas mengatakan kompleks olahraga berstandar internasional tersebut harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat Papua. Dia berharap fasilitas olahraga yang dibangun oleh Freeport Indonesia dengan anggaran Rp470 miliar itu dapat mencetak atlet-atlet berprestasi tidak hanya di kancah nasional tetapi juga internasional. "Kalau sudah bertaraf internasional, harus bisa berprestasi, harus bisa bermain di kejuaran olimpiade, di Asian games," kata Lukas. Sementara itu, Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Freeport Indonesia yang telah membangun fasilitas olahraga megah di "Kota Emas".

Eltinus berharap Pemerintah Daerah Mimika dan Freeport Indonesia dapat bersinergi mengembangkan pusat pelatihan maupun sekolah untuk para atlet. "Mungkin salah satu bangunan sekolah untuk pelatihan dan SDM pembangunan sekolah yang ada di daerah ini juga, supaya atlet yang ada di Papua harus kita latih mulai dari hari ini, sehingga ke depannya kita harus memperoleh urutan pertama," ucap dia. Presiden Direktur Freeport Indonesia Tony Wenas berharap kompleks olahraga MSC dapat mencetak bibit-bibit berprestasi dari tanah Papua. Dia mengatakan fasilitas olahraga tersebut telah memiliki fasilitas lengkap dengan standar internasional sehingga diharapkan mampu menunjang peningkatan kemampuan para atlet.

"Sekali lagi kami sangat senang bisa berada di sini bersama Bapak Gubernur Bapak Bupati dan bapak ibu yang hadir lainnya untuk dapat meresmikan Mimika Sport Complex yang kami bangun dengan nilai Rp470 miliar," ujar Tony. GOR MSC yang dibangun sejak 2013 memiliki stadion indoor, outdoor, asrama atlet, serta bangunan penunjang lainnya. Stadion indoor mampu menampung penonton hingga 5.500 orang. Sedangkan stadion outdoor memiliki kapasitas hingga 3.500 penonton. Kompleks olahraga tersebut dapat mempertandingkan sejumlah cabang olahraga seperti bulu tangkis, bola basket, bola voli, sepakbola, dan atletik.

Pukulan tifa tandai peresmian Mimika Sport Complex oleh Gubernur Papua - ANTARA News

Back to List

Berita Selanjutnya

Other 1
06 January 2017

PT Freeport Indonesia hari ini menyerahkan bonus juara sebesar 1 Milya...

09 January 2017

PT Freeport Indonesia (PTFI) hari ini menerima piagam rekor dunia dari...