Berita

Sebuah Prestasi Membanggakan dari Emergency Preparedness & Response (EP&R)

08 Januari 2016   |   Berita Lain News
Share:

Divisi Occupational Health & Safety - Emergency Preparedness & Rescue (OH&S - EP&R) telah memberikan yang terbaik dari yang terbaik, mereka secara konsisten dilatih untuk memberikan pelayanan tanggap darurat yang mumpuni serta ditunjang oleh peralatan yang terbaru, tidak hanya terbatas pada kejadian di jobsite, pemerintah setempat dimana PT Freeport Indonesia (PTFI) berada serta bencana nasional, tetapi mereka juga dilatih untuk ikut serta dalam ajang Nasional seperti Indonesian Fire & Rescue Challenge/ Competition (IFRC).

Kegiatan tahunan ini dilaksanakan dalam pengawasan Kemeterian ESDM, adapun lokasi kegiatan secara bergilir dilaksanakan diperusahaan Tambang Mineral, Migas dan industri besar yang terdapat diseluruh Indonesia maupun pusat-pusat pelatihan seperti di Pusat Pendidikan & Pelatihan (PUSDIKLAT) Migas, ESDM dan Pertamina.

Ada dua format kegiatan yang diadakan, antara Fire & Rescue Challenge dan Fire & Rescue Competition hal ini bergantung pada keputusan Indonesian Fire & Rescue Board of Directors. Tim IFRC kita telah menjadi peserta aktif setiap tahun sejak tahun 1995, kecuali pada tahun 1999 karena batal dilaksanakan.

Dari 20 kali kegiatan yang telah dilaksanakan (16 kali Challenge dan 4 kali Competition), tim IFRC kita telah berhasil membawa pulang 12 kali Juara Umum; 9 diantaranya dari kegiatan Indonesian Fire & Rescue Challenge serta 3 kali dari kegiatan Indonesian Fire & Rescue Competition. Selain itu kita telah 6 kali menjadi juara Umum ke 2. Hal yang patut dibanggakan adalah karena Tim kita belum pernah terkalahkan dan memegang Juara Umum sebanyak 7 kali secara berturut-turut pada kegiatan Indonesian Fire & Rescue Challenge dan 2 kali berturut turut untuk Indonesian Fire & Rescue Competition.

Fire & Rescue Competition ke-4 tahun 2015 dilaksanakan di PUSDIKLAT MIGAS ESDM, CEPU. Tim IFRC kita harus bersaing dalam 8 kategori antara lain, Structural Fire Fighting Search and Rescue; Confined Space Rescue; High Angle Rescue; Firefighter Competency Test; Under Water Rescue; Collapsed Structure Search and Rescue; Rotary Wings Firefighting dan Firefighter Combat Challenge. Pesaing mereka pun adalah Tim Tanggap Darurat terlatih dan memiliki kompetensi yang mumpuni pada bidang pertolongan dan penyelamatan (tanggap darurat) dari berbagai perusahaan di Indonesia seperti PT. Newmont Nusa Tenggara, PT. Nusa Halmahera Minerals, PAITON PHASE 1 & 2, PT. Darma Henwa, Tbk, PT. Berau Coal, PT. Kideco Jaya Agung, PT. Indominco Mandiri, PT. Meares Soputan Mining, PT. Pertamina (Persero) – A, PT. Pertamina (Persero) – B dan Total Exploration Indonesie, PT. Bukit Asam (Persero) Tbk, PUSDIKLAT MIGAS Cepu.

Walaupun piala/medali emas bukanlah merupakan sasaran akhir kita, karena yang terpenting bagi kita adalah bagaimana mengoptimalkan pengetahuan dan keterampilan yang di peroleh dari kegiatan ini sehingga pada akhirnya tim kita dapat memberikan pertolongan secara professional dengan standard, kualitas yang sangat tinggi serta selamat, namun kami tetap bertekat untuk membawa kembali pulang piala Juara umum yang merupakan target dan harapan dari semua tim/perusahaan yang ikut terlibat pada kegiatan tahunan ini.

Segala hal dapat terjadi dalam sebuah challenge maupun kompetisi, mereka yang memiliki kesiapan mental, fisik yang prima serta competency yang mumpunilah yang akan menjadi pemenangnya.

Ada kalanya kita harus mengakui keunggulan dan kesiapan mental dari tim lain seperti tim kita kalah melawan pesaing yang lain pada kegiatan Structural Fire Fighting Search and Rescue dimana tim kita hanya mampu membawa pulang Perunggu, sementara di High Angle Rescue, Firefighter Competency Test dan Collapsed Structure Search and Rescue mereka mampu membawa pulang Emas.

Dengan pelatihan yang keras dan antusiasme yang luar biasa serta tentunya atas dukungan sepenuhnya dari PTFI Manajemen akhirnya kemenangan gemilang dapat kita raih, tahun ini mereka mampu membawa pulang prestasi sebagai Pemenang Juara Umum di Fire & Rescue Competition ke-4 dan mengangkat PTFI dalam ranah Tanggap Darurat karena telah mencapai 12 kali Juara Umum Indonesian Fire & Rescue Challenge dan Competition. Sebuah prestasi yang luar biasa! (im & Irwan Hakim)

Berita Terkait

 Penerbangan dan Pelayaran Natal PTFI Bantu Ribuan Karyawan Pulang untuk Natal
 Sakrias Fobia: Dalam Hidup, Tidak Ada yang Tidak Bisa
 Peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia di area kerja Freeport Indonesia
 PT Freeport Indonesia Raih Penghargaan dalam Indonesia Most Admired Companies (IMACO) Award 2017

Tata Kelola

Public Policy Committee of the Board of Commissioners of Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc. assist the Board carry out its oversight responsibilities within the company.

Selengkapnya