Berita

Alam untuk Kehidupan

24 Juni 2016   |   Berita Lain News
Share:

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia PTFI – 2016

Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 5 Juni. Hal ini dilakukan demi meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan mengambil tindakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam dan planet Bumi.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia merupakan instrumen penting yang digunakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk meningkatkan kesadaran tentang lingkungan serta mendorong perhatian dan tindakan politik di tingkat dunia. Hari peringatan ini dipandang sebagai kesempatan bagi semua orang untuk menjadi bagian aksi global dalam menyuarakan proteksi terhadap planet bumi, pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan, dan gaya hidup yang ramah lingkungan.

Menanggapi hal tersebut, PT Freeport Indonesia (PTFI) melalui Departemen Lingkungan Hidup berkomitmen untuk turut menjaga kelestarian lingkungan melalui beberapa program lingkungan hidup. Salah satunya, PTFI menggelarkan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Dedunia 2016, yang melibatkan seluruh departemen di lingkungan kerja PTFI dan masyarakat Timika. Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari, Sabtu-Minggu (4-5/6), dipusatkan di area Gedung Multipurpose Kuala Kencana, dengan mengusung tema, ‘Go wild for life’ (Hidup Bergelora), serta sub tema ‘Join the Race to Make the World a Better Place’ (Bergabunglah dalam Perlombaan Membuat Dunia Lebih Baik).

Kegiatan ini melibatkan Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika serta BKSDA (Balai Konserfasi Sumber Daya Alam), yang mengharapkan meningkatnya kesadaran seluruh komunitas baik eksternal maupun internal PTFI dalam menjaga dan melestarikan lingkungan beserta satwa lainnya. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini diantaranya, lomba lari 5K dan 10K, olah raga bersama (Zumba), pameran Lingkungan, lomba menggambar dan mewarnai untuk anak-anak sekolah, lomba cerdas cermat bertema lingkungan, dan talk show bersama tamu undangan Duta Lingkungan Puteri Indonesia asal Jawa Barat Evan Lysandra.

Pembukaan pameran lingkungan ditandai dengan pemotongan pita pada pintu gerbang masuk area pameran oleh Vice President Senior Advisor Papuan Development, Silas Natkime bersama Executive Vice President Sustainable Development, Sonny Prasetyo, disaksikan oleh Manager Enviromental PTFI Gesang Setyadi, VP Security Risk Management (SRM), Amrullah, General Superintendent Social Local Development Ricky Komul, dan Manager PAD Soleman Faluk. Serta mewakili Pemda Kab. Mimika, Sekda Mimika Ausilius You, S.Pd, MM, Kadispendasbud Mimika Yeni Usmani dan perwakilan dari BLH turut menghadiri acara ini.

Ketua Panitia, Tumpal Sinaga mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini agar dapat mengajak masyarakat secara khusus karyawan PTFI yang komunitasnya berada di Kuala Kencana untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Berbagai lomba telah diadakan, dalam lomba pameran lingkungan ini juara satu diraih, Grasberg Operation, juara dua International SOS PHMC, dan juara tiga USAID Lestari. Kegiatan peringatan Hari Lingkungan Sedunia ini diharapkan akan mampu meningkatkan wawasan lingkungan kita semua. Selain itu kegiatan ini juga akan menyampaikan upaya pengelolaan lingkungan yang telah dilakukan oleh PTFI selama ini. (Hendrikus)

Berita Terkait

 Karyawan Ridge Camp Berbondong-bondong Mencoba Bioskop dan Ruang Karaoke yang baru Dibuka di Super Block
 Kebahagiaan Hari Kemenangan di Jobsite
 Mudik Lebih Cepat dan Hemat dengan Penerbangan Idul Fitri 2018
 Freeport Buka Puasa Bersama Anak Yatim

Tata Kelola

Public Policy Committee of the Board of Commissioners of Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc. assist the Board carry out its oversight responsibilities within the company.

Selengkapnya