Teanus Nebegal, Pengusaha Mandiri

Teanus Nebegal seorang pengusaha putra daerah dari kampung Ilaga, pendiri CV. Kwakibera Timika adalah sosok pengusaha binaan Departemen Social & Local Development (SLD) PT Freeport Indonesia (PTFI) yang benar-benar merintis usahanya dengan modal pribadi tanpa bantuan ataupun pinjaman dari manapun.

CV. Kwakibera didirikan dengan modal pribadi dan bergabung kedalam Program Pembinaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PP-UMKM) pada tahun 2006. Proyek pertama yang ditangani oleh CV. Kwakibera adalah pembersihan rumput disepanjang jalur transmisi listrik dan pengecatan tower listrik di jalan PTFI dari Portsite sampai MP50.

img
"Pengusaha lokal dapat meningkatkan kesejateraan masyarakat Papua" ujar Teanus.

Berkat kegigihan dan semangat Teanus untuk belajar dan menjalankan usaha dengan baik CV. Kwakibera mengalami kemajuan. Pada bulan Februari 2012, CV. Kwakibera mampu menambah kendaraan operasionalnya dengan membeli satu buah unit mobil pick-up. Dari hasil usahanya ini Teanus mampu mendirikan sebuah rumah, kantor dan aset usaha lainnya. Teanus juga dapat mempekerjakan 12 orang karyawan untuk membantu menjalankan usahanya.

img
CV. Kwakibera menangani pembersihan rumput sepanjang jalur transmisi listrik di Jalan PTFI

Selama masa pembinaanya dalam PP UMKM, Teanus berkesempatan untuk mengikuti studi kelayakan usaha, advokasi dengan pengguna jasa atau pihak bank, pendampingan usaha dan pelatihan-pelatihan manajemen usaha. Pada tahun 2007, Teanus juga mengikuti kegiatan camp-wirausaha yang diadakan oleh PP-UMKM di Pulau Bali selama 1 minggu. Dari kegiatan camp ini, Teanus merasa semakin percaya diri untuk menjalankan usahanya, akunya.

img
Teanus saat mengawasi karyawannya mengerjakan proyek pembersihan jalur.

”Apa yang telah dilakukan PTFI terhadap pengusaha-pengusaha putra daerah melalui SLD sudah bagus, ada pelatihan, ada pendampingan, ada pemberian pinjaman modal, harus tetap dilanjutkan sampai para pengusaha-pengusaha ini bisa betul-betul mandiri dan tidak tergantung lagi. Dengan begitu akan melahirkan pengusaha-pengusaha putra daerah dan hasilnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua.” ujar Teanus (hp).

img
Teanus juga dapat mempekerjakan 12 orang karyawan untuk membantu menjalankan usahanya.