66.666 Bibit Bambu Ditanam Jaga Pegunungan Cycloop

27 July 2023

Pemerintah Provinsi Papua bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, bakal menanam 66.666 bibit bambu di kawasan penyangga batas Cagar Alam Pegunungan Cycloop di sepanjang 60 km dari Pasir 6 Kota Jayapura, sampai dengan Kampung Maribu, Kabupaten Jayapura. Penanaman bibit bambu dengan tagline "Kita Jaga Cyclop, Cycloop Jaga Kita," masih satu rangkaian dengan agenda Pemprov Papua dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun 2023. Kegiatan ini didukung PT Freeport Indonesia dan Gubernur Irian Jaya 1988-1993 Barnabas Suebu.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua, Jeri A. Yudianto mengatakan, penanaman ini rencananya melibatkan elemen masyarakat dan rekruitmen Satgas Cagar Alam Pegunungan Cycloop, dari elemen masyarakat adat setempat, "Tentunya mohon dukungan doa bagi seluruh elemen masyakayat yang ada di Kota dan Kabupaten Jayapura. Supaya nanti kegiatan yang tujuannya untuk melindungi keanekaragaman hayati ini, lalu menjaga fungsi Cagar Alam Pegunungan Cycloop, bisa terlaksana dengan baik," kata Jeri, Kamis 27/7/2023).

 

Masih dikatakan Jeri, penanaman bibit bambu ini juga bertujuan mencegah banjir, sebab keberadaan Cycloop sebagai penyuplai air bagi Danau Sentani maupun penyedia air bersih bagi masyarakat. "Untuk agenda lainnya, seperti pesta rakyat, kunjungan atau ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP), beberapa jenis perlombaan, serta kegiatan sosial terkait lainnya maupun anjangsana," bebernya.

Jeri pun mengimbau seluruh masyarakat Bumi Cenderawasih agar ikut menyemarakan peringatan HUT RI di Papua, sebagai bagian dan upaya menghargai perjuangan para pahlawan yang telah mendahului di medan perang. "Tentunya kita tidak dengan ikut berperang di jaman modern ini. Tetapi salah satunya, ikut menjaga lingkungan sekitar kita dalam arti luas, kaitannya dengan rencana kita melakukan penanaman bibit bambu untuk penyelamatan Cagar Alam Cycloop," tandasnya.

http://seputarpapua.com/view/66-666-bibit-bambu-ditanam-jaga-pegunungan-cycloop.html

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 2
05 May 2017

Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Komoro (LPMAK), sebuah lem...

20 July 2017

PT Freeport Indonesia menggandeng pemerintah daerah setempat membuat k...