Setelah Timika, Papua Football Academy Akan Menyapa Putra Merauke

16 June 2022

Papua Football Academy terus mencari putra-putra berbakat di Bumi Cenderawasih setelah sukses menggelar ajang cari bakat di Kota Timika pada akhir pekan 11-12 Juni. Papua Football Academy (PFA) merupakan sekolah sepak bola dan asrama bagi putra Papua. Setelah sukses di Kota Timika, kini Papua Football Academy akan menyapa putra-putra Merauke. Program ini merupakan komitmen PT Freeport Indonesia dalam membangun masyarakat Papua, salah satunya di bidang olahraga.

Tim pelatih Papua Football Academy yang dipimpin mantan asisten pelatih timnas Indonesia, Wolfgang Pikal, terus mencari putra-putra terbaik Papua dengan tahun kelahiran 1999. Pikal dan timnya pun mencari anak-anak bertalenta dengan beberapa kriteria khusus. Selain skill sepak bola, aspek penilaian lain menyangkut taktik bermain, kondisi fisik, personalitas, mentalitas, dan kemampuan menyerap instruksi pelatih.

Peserta yang lolos akan melanjutkan proses tes psikologi, tes potensi genetik berbasis analisis sidik jari, dan tes kesehatan. "Kami tetap mencari putra-putra Papua kelahiran 1 Januari 2009 hingga 31 Desember 2009," ucap Wolfgang Pikal, Direktur Teknik Papua Football Academy. "Setelah mendapatkan talenta-talenta hebat di Timika, kini giliran putra Merauke yang berkesempatan unjuk kemampuan."

Rombongan Papua Football Academy Cari Bakat telah tiba di Kota Merauke pada Rabu (15/6/2022) dan langsung berkesempatan bertemu Bupati Merauke, Romanus Mbaraka, di Bandara Mopah. Dukungan penuh dan harapan Bupati Merauke akan suksesnya program PFA Cari Bakat seperti pesan bahwa masyarakat Merauke sangat menanti kehadiran Papua Football Academy untuk melahirkan pesepak bola cerdas asal Papua. "Kami menunggu kelahiran pemain Papua sekelas Rully Nere dari Papua Football Academy. Program yang sangat baik karena tidak meninggalkan pendidikan formal bagi siswanya," ucap Romanus Mbaraka, yang senang bisa bertemu Rully Nere, legenda sepak bola Indonesia sekaligus penasihat PFA.

PFA Cari Bakat Merauke akan digelar di Stadion Universitas Musamus pada Sabtu dan Minggu (18-19 Juni 2022) dengan waktu start pukul 08.00 WIT. Peserta adalah mereka yang kelahiran 1 Januari hingga 31 Desember 2009, saat ini berada di kelas VII SMP, fisik dalam keadaan sehat, dan berminat bergabung dan hidup dalam asrama PFA di Timika. "Kami siap membantu PFA menggelar pencarian bakat di Kota Merauke. Merauke selalu memiliki banyak anak berbakat sepak bola dengan tubuh yang ideal," ujar Viktor Ohoiwutun, Ketua Umum Askab Merauke.

Masyarakat di Kota Merauke diajak untuk mendukung program PFA Cari Bakat sekaligus mengikuti lomba foto berhadiah total 25 juta rupiah untuk 10 pemenang dari 3 kota: Timika, Merauke, dan Jayapura. Foto kegiatan PFA Cari Bakat harus diposting di akun IG masing-masing dengan tagar #PFACARIBAKAT. Informasi lengkap "Lomba Foto PFA Cari Bakat" dapat dilihat di akun resmi Instagram Papua Football Academy. Program Papua Football Academy dipersiapkan untuk mulai berjalan sesuai dengan tahun ajaran baru sekolah.

 

https://bola.kompas.com/read/2022/06/16/23304668/setelah-timika-papua-football-academy-akan-menyapa-putra-merauke?page=all#page2

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 2
05 May 2017

Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Komoro (LPMAK), sebuah lem...

20 July 2017

PT Freeport Indonesia menggandeng pemerintah daerah setempat membuat k...