Kagum Lihat Ruang Operasi Tambang Freeport, Sri Mulyani: Mirip Game Station

07 December 2022

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati terkesima dengan ruang Minegem di wilayah operasi PT Freeport Indonesia. Dirinya merasa ruangan tersebut seru seakan sedang bermain game. "Salah satu yang menarik perhatian saya saat berkunjung ke wilayah operasi PT Freeport Indonesia di Tembagapura adalah ruangan mirip dengan game station atau game zone, tapi semua menggunakan seragam kerja overall. Semua duduk relaks tapi serius bekerja," ujar Sri dalam akun Instagramnya @smindrawati di Jakarta, Rabu (7/12/2022).

Itulah ruang Minegem yang merupakan sistem pengoperasian otomatis jarak jauh peralatan bergerak tambang bawah tanah yang diperkenalkan Caterpillar. Sistem otomasi ini dijalankan mengatasi tantangan operasional seperti lumpur basah dan juga aktivitas seismik. "Ya, bekerja pada lingkungan ekstrim seperti tambang bawah tanah memiliki tantangan yang luar biasa sehingga dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, risiko-risiko dari tantangan pekerjaan tersebut dapat diminimalisir," ungkap Sri.

Menariknya lagi, 50 operatornya adalah pekerja wanita dan sebagian adalah putra-putri daerah Papua. "Saya pun sempat berbincang dengan Ni Wayan Mega Febriyanti dan Maria Evani Teturan, dua di antara para operator yang piawai. Lingkungan kerja ekstrim dan juga shift 12 jam sehari tidak menghalangi mereka untuk berkontribusi secara maksimal," jelasnya. "Super cool," tutur Sri.

 

http://economy.okezone.com/read/2022/12/07/320/2722274/kagum-lihat-ruang-operasi-tambang-freeport-sri-mulyani-mirip-game-station

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 2
05 May 2017

Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Komoro (LPMAK), sebuah lem...

20 July 2017

PT Freeport Indonesia menggandeng pemerintah daerah setempat membuat k...