Upaya PTFI Pastikan Operasi Berwawasan Lingkungan

26 September 2016

Sebagai perusahaan yang mengelola salah satu tambang terbesar di dunia, PT Freeport Indonesia dihadapkan dengan isu lingkungan yang tidak mungkin dianggap sepele. Perusahaan memahami bahwa operasinya berdampak terhadap lingkungan sehingga berusaha sebaik mungkin untuk menata dan mengelola lingkungan sesuai dengan peraturan dan ketentuan-ketentuan yang berlaku.

Keberlanjutan lingkungan adalah salah satu nilai yang diagungkan di Perusahaan. Kontribusi perusahaan terhadap kehidupan manusia modern juga dibuktikan dengan usaha-usaha Perusahaan untuk mewujudkan operasi pertambangan yang berwawasan lingkungan.

Baru-baru ini kinerja pengelolaan lingkungan Perusahaan dinilai oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia melalui audit PROPER. PROPER adalah kependekan dari Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan, sebuah audit yang bertujuan mendorong penaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup melalui instrumen informasi. Audit ini secara khusus menyasar kepada perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang industri, yang menghasilkan limbah cair, padat, dan pencemaran udara, untuk meninjau kembali program-program pengelolaan lingkungan agar sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh Pemerintah. Khusus untuk industri pertambangan, Kementerian Lingkungan Hidup juga memberikan kriteria tambahan yakni kerusakan lingkungan yang meliputi penilaian terhadap penanganan dan pengelolaan kerusakan lingkungan akibat operasi penambangan.

Manajemen lingkungan hidup di PTFI bukan semata KRA Departemen Environmental, melainkan merupakan tanggungjawab bersama seluruh divisi dan departemen di PTFI. Divisi dan departemen operasi di PTFI senantiasa menjalin koordinasi dengan Departemen Environmental untuk memastikan bahwa aktivitas yang dilakukan dipantau dan sesuai dengan panduan manajemen lingkungan yang ditetapkan Perusahaan.

Demikian halnya dalam audit PROPER ini, Departemen Environmental selaku tuan rumah menggandeng divisi dan departemen terkait dalam penyelenggaraan audit PROPER di lingkungan Perusahaan. Sebagai area owner yang setiap hari berkutat dengan aktivitas-aktivitas yang melibatkan peran lingkungan, divisi dan departemen ini mendampingi dan memberikan penjelasan-penjelasan yang diperlukan kepada tim auditor dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 3
17 May 2017

Ribuan karyawan di Ridge Camp akan menjadi yang pertama menikmati inve...

07 July 2017

Upaya-upaya pengembangan SDM dengan memanfaatkan pesatnya perkembangan...