Siapkan SDM Unggul Papua, Freeport dan Uncen Berkolaborasi Bangun Gedung Pusat Sains

05 April 2022

Sebagai bagian upaya membangun sumber daya (SDM) unggul di Tanah Papua, PT Freeport Indonesia (PTFI) berkolaborasi dengan Universitas Cendrawasih dalam menguatkan Uncen sebagai center of exellence atau pusat keunggulan.

Salah satu bentuknya adalah penandatanganan kerja sama Nota Kesepahaman (MoU) antara PTFI dengan pihak Uncen terkait komitmen pembangunan Gedung Freeport Indoneisa untuk Pusat Sains dan Kemitraan di Kampus Universitas Cenderawasih. "PTFI telah menjalin kerja sama dengan Uncen sejak tahun 1996 melalui berbagai program link and match yang meliputi penelitian, magang, kuliah tamu, dan lain-lain," ungkap Tony Wenas, Presiden Direktur PTFI melalui rilis resmi yang diterima Kompas. com (5/4/2022).

"Kali ini PTFI dan Uncen memasuki tonggak (milestone) yang sangat penting, di mana PTFI akan membangun sebuah gedung perkuliahan di kampus Uncen yang nantinya akan digunakan sebagai pusat sains dan kemitraan untuk mahasiswa," jelas Tony Wenas. PTFI berharap gedung ini dapat membantu Uncen dalam mempersiapkan sumber daya manusia dan generasi muda unggul di Tanah Papua.Penandatanganan nota kesepahaman pembangunan gedung Uncen dilakukan oleh Presiden Direktur PTFI Tony Wenas dan Rektor Uncen Apolo Safanpo pada Selasa, 5 April 2022, di Hote; Rimba Papua, Timika.

 

Tumbuh dan Berkembang Bersama Masyarakat

Dalam kesempatan sama, Rektor Uncen Apolo Safanpo meyakini, tidak ada perusahaan yang berhasil di tengah masyarakat yang gagal. "Keberadaan Freeport tidak dapat dipisahkan dari Papua, dan adalah komitmen Freeport untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Papua perlu diapresiasi," ujar Apolo. Uncen merupakan lembaga pendidikan tinggi pertama yang hadir di Papua dan telah menghasilkan ribuan lulusan hingga saat ini.

Apolo memberikan apresiasi atas dukungan PTFI dan berharap dengan hadirnya Gedung Freport Indonesia untuk Pusat Sains dan Kemitraan ini dapat mendukung Uncen dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Bantuan pembangunan PTFI untuk Gedung Pusat Sains akan dibangun di area kampus Uncen, Jayapura dengan konsep green building yang mengedepankan prinsip ramah lingkungan dan berkelanjutan. Gedung tiga lantai ini nantinya akan memiliki luasan total bangunan sebesar 2.765 meter persegi yang dilengkapi dengan 18 ruang kelas, satu ruang dosen, auditorium berkapasitas 230 orang, dan lantai roof top sebagai area penempatan panel surya yang sekaligus menjadi bahan pembelajaran mahasiswa.

 

http://www.kompas.com/edu/read/2022/04/05/210908071/siapkan-sdm-unggul-papua-freeport-dan-uncen-berkolaborasi-bangun-gedung

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 2
05 May 2017

Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Komoro (LPMAK), sebuah lem...

20 July 2017

PT Freeport Indonesia menggandeng pemerintah daerah setempat membuat k...