Freeport Bagikan 56,360 Ton Sembako untuk Masyarakat Sambut Natal dan Tahun Baru

14 December 2022

Melalui program Kasih Natal PTFI 2022, PT Freeport Indonesia menyalurkan bantuan bahan makanan pokok (Sembako) kepada masyarakat di pegunungan Mimika, Kota Timika dan sekitarnya. Bantuan Sembako disalurkan melalui Departemen Community Relations PTFI ini total berjumlah 56,360 ton.

Melalui siaran pers yang diterima seputarpapua.com, Rabu (14/12/2022), Program Kasih Natal PTFI 2022 merupakan wujud tanggung jawab sosial dan komitmen PTFI dalam menghadirkan dampak positif bagi masyarakat Mimika, khususnya dua suku besar di Mimika (Amungme dan Kamoro) yang terdampak langsung oleh proses pertambangan PTFI, serta untuk mendorong pemberdayaan lapisan masyarakat yang membutuhkan.

Program Kasih Natal PTFI 2022 didistribusikan secara bertahap, sejak 9-14 Desember 2022. Total penerima bantuan ini tercatat 73 gereja lokal masyarakat Amungme - Kamoro dan suku-suku kekerabatan lainnya. Sebanyak 28,865 ton Sembako didistribusikan kepada 34 gereja di dataran tinggi meliputi, 6 gereja di lembah Aroanop, 4 gereja di Waa Banti, 8 gereja di lembah Tsinga, 6 gereja di lembah Hoya, dan 10 gereja di lembah Jila. Pendistribusian bantuan ini diangkut menggunakan helikopter yang disewa khusus oleh Freeport. Tidak tanggung-tanggung untuk memfasilitasi distribusi bantuan sembako ini PTFI menyediakan 31 penerbangan ke kampung-kampung tujuan.

Bersamaan dengan pengiriman bantuan sembako Natal tersebut, PTFI juga memberikan kesempatan kepada warga/jemaat untuk menitip belanjaan kebutuhan natalnya ke kampung. Sementara bantuan untuk masyarakat Suku Amungme yang berada di Kota Timika dan sekitarnya berjumlah 21.150 ton didistribusikan melalui 30 gereja lokal.

Sedangkan untuk wilayah dataran rendah (lowland) PTFI menyalurkan bantuan untuk masyarakat di tujuh kampung, yaitu Nayaro, Nawaripi, Koperapoka, Ayuka, Tipuka, Omawita dan Fanamo, sebanyak 6.345 ton sembako, didistribusikan menggunakan transportasi laut.

Vice President (VP) Community Relations/Social Responsibility PTFI, Nathan Kum menyampaikan pesan selamat Natal 25 Desember 2022 dan selamat menyambut tahun baru 1 Januari 2023 bagi seluruh masyarakat Amungme, Kamoro dan lima suku kekerabatan yang ada di Kabupaten Mimika. Nathan Kum juga berharap, bantuan Natal dari PTFI ini, masyarakat tidak melihat dari nominalnya atau seberapa banyak, tapi lihat dari kepedulian perusahaan dan niat baiknya.

Dikatakan, selama perusahaan ini ada dan berjalan baik, lancar dalam produksi, perusahaan akan selalu memperhatikan masyarakat di sekitarnya. "Untuk itu mari kita jaga perusahaan ini agar bisa turut serta memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat di Mimika," ujarnya. "Dalam pelaksanaan pembagian bantuan ini PTFI bekerjasama dengan pihak pemerintah daerah melalui aparat kampung dan distrik, serta dibantu oleh aparat keamanan dari TNI yang berada dilokasi pendistribusian," katanya.

 

http://seputarpapua.com/view/freeport-bagikan-56360-ton-sembako-untuk-masyarakat-sambut-natal-dan-tahun-baru.html

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 2
05 May 2017

Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Komoro (LPMAK), sebuah lem...

20 July 2017

PT Freeport Indonesia menggandeng pemerintah daerah setempat membuat k...