Freeport Sumbang Rp15 Miliar Sukseskan PON XX Papua

23 September 2021

PT Freeport Indonesia memberi bantuan Rp15 miliar untuk turut menyukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua yang akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021 mendatang. Dukungan ini menjadi berharga bagi Papua dalam menyelenggarakan event olahraga berskala nasional.

Vice President PT Freeport Indonesia Bidang Hubungan Pemerintah, Jonny Lingga mengatakan pihaknya berkomitmen mensukseskan PON sejak awal Papua ditetapkan sebagai tuan rumah pada 2013 lalu. Dia menjelaskan selain itu, PT Freeport juga membantu PB PON dalam mobilisasi peralatan pertandingan cabang olahraga yang berada di klaster Mimika. "Kami berkomitmen mensukseskan PON di Papua," katanya, dikutip dari Antara.

Dia menambahkan pihaknya berharap agar pelaksanaan PON XX di Tanah Papua dapat berjalan lancar walaupun masih dalam masa pandemi Covid-19. Bahkan Freeport juga sudah menyiapkan bonus kepada atlet-atlet asli Papua yang mampu meraih medali di PON XX. "Tidak hanya dukungan dana senilai Rp15 miliar, PT FI juga akan memberikan bonus kepada atlet Papua peraih medali, hanya saja jumlah bonus yang akan diberikan masih dalam pembahasan oleh manajamen PT Freeport Indonesia," katanya.

Selain bantuan dana, Freeport juga membantu membangun Mimika Sport Complex untuk mendukung penyelenggaraan PON XX Papua. Komplek olahraga yang dibangun di lahan seluas 12,5 hektare ini menelan biaya US$ 33 juta atau setara Rp400 miliar. Komplek olahraga ini memiliki fasilitas indoor dan outdoor stadium. Mimika Sports Complex yang terletak di Jalan Poros Timika-Sp5, Timika ini mulai dibangun pada 2014 lalu. Pembangunannya selesai pada 2018.

Kompleks olahraga ini memiliki beberapa sarana dan prasarana pendukung. Yakni Indoor Stadium, Outdoor Stadium, dan asrama. Untuk Indoor Stadium memiliki kapasitas 5.000 orang dan diperuntukkan untuk olahraga bola voli, basket, dan bulu tangkis.

Sementara Outdoor Stadium memiliki beragam fasilitas untuk lempar lembing, lompat jauh, lompat tinggi, tolak peluru. Kemudian lari jarak pendek, jarak menengah, lintasan lari sintetis 400 meter untuk pemanasan/latihan standar internasional, lintasan lari jarak pendek dan lompat jauh 200 meter. Stadion ini bisa menampung 2.000 penonton di tribun barat dan 1.300 orang di tribun timur. Terakhir asrama yang dibagi menjadi dua gedung berkapasitas masing-masing 50 orang putra dan putri serta untuk official. Asrama juga dilengkapi gymnasium kecil untuk olahraga, tempat ibadah dan recreation room.

 

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210923141108-90-698461/freeport-sumbang-rp15-miliar-dan-us-33-juta-untuk-pon-papua

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 2
05 May 2017

Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Komoro (LPMAK), sebuah lem...

20 July 2017

PT Freeport Indonesia menggandeng pemerintah daerah setempat membuat k...