Freeport Hibahkan Tiga Klinik Kesehatan Kepada Pemda Mimika

03 June 2021

Tiga klinik kesehatan milik PT. Freeport Indonesia (PTFI) akan dihibahkan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mimika, Papua. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra mengatakan, tiga klinik yang dihibahkan, yakni klinik SP 9, SP12 dan Mapurujaya, Distrik Mimika Timur.

"Sebenarnya 3 klinik itu di tahun lalu rencananya mau penandatanganan berita acara surat hibah sekaligus ada ceremony penyerahan dari PTFI ke pemerintah dalam hal ini dinas kesehatan, hanya saja terkait Covid 19 (jadi ditunda,red)," jelas Reynold kepada media di Timika, Rabu (2/6/2021). Sementara tahun 2021 kata Reynold pihaknya masih disibukan dengan vaksinasi yang mulai bergulir sejak Januari ditambah persiapan PON, sehingga rencana ceremony hibah klinik tersebut baru akan dilakukan Juni ini. Pihaknya juga sudah mengantongi surat ijin operasional dari Bupati Mimika yang diterbitkan dari tahun lalu mengenai hibah klinik.

"Sebenarnya nanti fungsinya tetap sama, hanya pendelegasian kewenangan saja," ujarnya. Dijelaskan, meskipun sudah dihibahkan, PTFI tetap memberikan support terkait operasional dan lainnya. "PTFI tetap mensupport operasional, hal hal yang kurang, karena didalamnya juga nanti masih ada karyawan PTFI. Saya pikir ini kolaborasi yang baik," ungkapnya. Menurutnya membangun mitra dengan berbagai sektor akan lebih meningkatkan mutu pelayanan publik. Ia juga menjelaskan saat ini, tenaga Puskesmas pemerintah sudah ada juga di klinik – klinik tersebut, hanya saja untuk sekarang kepemilikan secara legal saat ini masih milik PTFI. “Nah nanti setelah ceremony untuk serah terimanya, itu sudah menjadi milik Pemda dalam hal ini dinas kesehatan. Sekarang ini tim tetap Puskesmas kan kami juga distribusi tenaga sejak tahun lalu untuk memback up pelayanan di tiga klinik ini,” katanya.

https://seputarpapua.com/view/freeport-hibahkan-tiga-klinik-kesehatan-kepada-pemda-mimika.html/2

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 2
05 May 2017

Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Komoro (LPMAK), sebuah lem...

20 July 2017

PT Freeport Indonesia menggandeng pemerintah daerah setempat membuat k...