Freeport Indonesia Raih Penghargaan di Bidang Praktik Berkelanjut

13 June 2022

 

PT Freeport Indonesia (PTFI) menerima penghargaan Sustainable Business Awards (SBA) untuk kategori Highly Commended pada 2 Juni yang lalu. PTFI jadi 1 dari 20 perusahaan dan satu-satunya perusahaan dari Papua yang mendapatkan rekognisi atas praktik keberlanjutan sektor usaha.

Ajang penghargaan ini diselenggarakan oleh Global Initiatives bekerja sama dengan PwC, Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD), dan Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE). Presiden Indonesia Business Council for Sustainable Development Shinta W. Kamdani menuturkan penyelenggaraan SBA ke-10 di Indonesia ini bertujuan untuk mengapresiasi perusahaan-perusahaan di Asia Tenggara yang telah menunjukkan komitmen keberlanjutannya.

Adapun pencapaian yang diraih PTFI beserta beberapa perusahaan lainnya menunjukkan usaha dunia usaha dalam merealisasikan program-program keberlanjutan di berbagai sektor yang mencakup pemberdayaan masyarakat, tata kelola perusahaan yang baik, dan pelestarian lingkungan. "Seluruh pemenang SBA diharapkan dapat menginspirasi perusahaan lain untuk turut menerapkan nilai sustainability dalam operasional bisnis," ujar Shinta dalam keterangan tertulis, Senin (13/6/2022).

Sementara itu, Presiden Direktur PTFI Tony Wenas menjelaskan penghargaan yang PTFI terima merupakan bukti dari upaya keberlanjutan yang telah PTFI lakukan selama periode 2020/2021. Pengakuan tersebut juga merefleksikan komitmen perusahaan serta dukungan seluruh karyawan dan masyarakat bagi PTFI untuk melakukan produksi yang aman dan berkelanjutan. "Penghargaan ini meneguhkan kembali dedikasi kami untuk mendukung tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), mengelola lingkungan dengan baik, serta menciptakan nilai tambah bagi kepentingan semua pemangku kepentingan," imbuh Tony. Ke depannya, PTFI mendukung penerapan green economy dengan target pengurangan emisi gas rumah kaca sebesar 30% pada tahun 2030 melalui penggunaan sistem kereta listrik tanpa awak di tambang bawah tanah.

Sementara pada program pengembangan masyarakat, PTFI berupaya untuk memberikan nilai tambah bagi masyarakat sekitar dan pemangku kepentingan melalui kontribusi ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan sosial budaya yang selaras dan mendukung pemenuhan SDGs. Pencapaian SDGs menjadi prioritas pembangunan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, menjaga kualitas lingkungan hidup, serta pembangunan yang inklusif dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa yang juga hadir dalam acara penghargaan ini memandang perusahaan sebagai pihak yang memiliki peran penting dalam pengimplementasian aspek keberlanjutan, khususnya dalam pencapaian SDGs. "Pencapaian SDGs di Indonesia tidak akan berhasil tanpa peran dan dukungan para pelaku bisnis untuk memperluas implementasi program-program keberlanjutan. Pemerintah mengapresiasi ajang penghargaan seperti SBA yang telah membantu memajukan upaya keberlanjutan nasional, serta para pelaku bisnis yang telah konsisten mendukung pemerintah dalam mencapai tujuan keberlanjutan di Indonesia," kata Suharso.

 

http://news.detik.com/berita/d-6124818/freeport-indonesia-raih-penghargaan-di-bidang-praktik-berkelanjutan

Back to List

Berita Selanjutnya

17 October 2020

Papua kembali menunjukkan keanekaragaman hayatinya melalui penemuan du...

25 November 2020

Universitas Cenderawasih (UNCEN) bekerja sama dengan PT Freeport Indon...