Freeport Investasikan $122 Juta untuk Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat

13 July 2023

PT Freeport Indonesia (PTFI) berkomitmen membantu percepatan pembangunan otonomi khusus di Papua. Presiden Ditektur PT Freeport Indonesia, Tony Wenas mengatakan, program investasi sosial Freeport terus berjalan untuk memberikan manfaat terbaik dari kehadiran perusahaan.

Komitmen yang terus dipegang oleh perusahaan untuk berpartisipasi dalam pembangunan di sekitar area perusahaan diwujudkan melalui program-program di berbagai bidang, diantaranya bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, budaya, dan infrastruktur.

Pada tahun 2022, PTFI menginvestasikan sekitar $122 juta (dolar Singapura) dalam program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat. Freeport melanjutkan usaha kemitraan dengan pemerintah dan berbagai pemangku kepentingan sebagai bagian dari langkah-langkah mencapai keberlanjutan. “Di bidang pendidikan, kami mendirikan dan mengelola 5 asrama di Papua bersama mitra,” kata Tony Wenas. Di tahun 2022, peserta program asrama berjumlah 1.530 siswa. Disamping itu, Freeport juga memberikan sekitar 1.200 beasiswa, dimana total sudah lebih dari 12.000 sejak tahun 1996.

Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin pada Rabu 12 Juli 2023, berkunjung ke Institut Pertambangan Nemangkawi (IPN) yang dibangun Freeport sejak tahun 2003. Tony mengatakan, IPN adalah Lembaga Pendidikan Vokasi bagi peningkatan SDM Papua untuk kebutuhan industri, dimana memiliki 15 jurusan teknik dan 3 progam non-teknik. Siswa 90% berasal dari asli Papua dan total sudah mencapai 4.000 lulusan dan 2.500-nya sudah bekerja di PTFI, sementara sekitar 300 lulusan telah bekerja di kontraktor PTFI. “Dalam pengelolaan program investasi sosial, tentunya kami juga meningkatkan penyelarasan dengan kebijakan nasional yang berlaku dalam program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat serta rencana pembangunan daerah,” pungkasnya.

https://seputarpapua.com/view/freeport-investasikan-122-juta-untuk-program-pengembangan-dan-pemberdayaan-masyarakat.html

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 2
05 May 2017

Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Komoro (LPMAK), sebuah lem...

20 July 2017

PT Freeport Indonesia menggandeng pemerintah daerah setempat membuat k...