Pendiri Freeport McMoran Jim Bob Moffett meninggal

10 January 2022

Co-founder Freeport McMoRan Inc. James 'Jim Bob' Moffett meninggal dunia pada usia yang ke-82 tahun. Tempo.co mengutip Nola.com, sebuah media lokal di New Orleans, Lousiana, Amerika Serikat menyebutkan, Moffett membawa merintis perusahaannya dengan proses merger dengan Freeport Minerals Company hingga melahirkan Freeport McMoRan. "Meninggal karena komplikasi Covid-19 pada Jumat di Austin, Texas," tulis dalam pemberitaan itu berdasarkan informasi dari putra Moffett.

Tercatat Moffett dan dua rekannya, Ken McWilliams dan Mack Rankin pertama kali mendirikan McMoRan Oil & Gas Co. pada 1969. Perusahaan ini kemudian bertransformasi menjadi salah satu perusahaan minyak dan gas terkemuka di Amerika Serikat. Pada 1981, Moffett pun membawa perusahaannya untuk memulai proses merger dengan Freeport Minerals Company. Sehingga, lahirlah Freeport McMoRan.

Namun jauh sebelum merger, Freeport Minerals Company sudah mendirikan . Perusahaan ini yang sekarang masih kemudian melakukan kegiatan di Tambang Grasberg, Papua yang banyak menimbulkan konflik dengan masyarakat setempat.

Tercatat di Freeport, Moffett menjabat sebagai chairman of the board dari 1992 sampai 2003. Lalu, juga CEO dari 1995 sampai 2003. Hingga pada Desember 2015, Ia mundur sebagai pimpinan dan keluar dari jajaran dewan perusahaan. "Setelah pertimbangan baik-baik, dewan memutuskan pergantian kursi kepemimpinan akan menjadi hal baik bagi perusahaan dan pemangku kebijakan," kata juru bicara perusahaan lewat surat elektronik.

 

http://jubi.co.id/pendiri-freeport-mcmoran-jim-bob-moffett-meninggal

Back to List

Berita Selanjutnya

Other 1
06 January 2017

PT Freeport Indonesia hari ini menyerahkan bonus juara sebesar 1 Milya...

09 January 2017

PT Freeport Indonesia (PTFI) hari ini menerima piagam rekor dunia dari...