Gandeng SAR Timika, PT Freeport Indonesia Serahkan 800 Baju Pelampung bagi Masyarakat Pesisir Mimika

15 June 2023

Guna mendukung keselamatan diri untuk warga Kabupaten Mimika yang tinggal di wilayah pesisir, PT Freepor Indonesia (PTFI) serahkan 800 buah jaket pelampung kepada masyarakat melaui SAR Timika, Kamis (15/6/2023). Penyerahan jaket pelampung atau life jacket ini dihadiri oleh para kepala kampung dan kepala distrik yang berdomisili di pesisir Mimika. Distrik-distrik tersebut antara lain, Distrik Jita, Agimuga, Mimika Timur, Mimika Timur Jauh, Mimika Baru dan Wania.

 

Penyerahan bantuan jaket pelampung ini merupakan komitmen PTFI, SAR Timika dan Pemda Momika dalam rangka memberikan kenyamanan dan keselamatan warga saat menghadapi suatu musibah diperairan. Tak hanya memberikan jaket pelampung, namun para penerima juga diberikan pembekalan materi oleh SAR Timika seperti cara menggunakan jaket pelampung dan lainnya.

 

Perwakilan Senior Manajemen PTFI selaku Technical Advisor Community Affairs, Arnold Kayame mengatakan, 800 buah life jacket (baju pelampung) diserahkan kepada masyarakat dapat membantu masyarakat. Momen positif ini merupakan langkah awal PTFI, SAR Timika dan Pemda Mimika dalam rangka memberikan pemahaman terkait keselamatan saat berada di laut dan sungai. "Jadi pesisir Mimika merupakan salah satu wilayah yang sangat rentang dengan kecelakaan laut sehingga perjalanan masyarakat hatus safety selama berlayar," kata Arnold Kayame kepada Tribun-Papua.com di Timika.

 

Kata Arnold Kayame bahwa, PTFI berkomitmen mendukung kegiatan Basarnas dalam hal ini SAR Timika atas kepedulian keselamatan masyarakat. Tujuan berkerja sama dengan SAR Timika untuk mendukung merespon jika ada kecelakaan laut yang selama ini menjadi perhatian. "Banyak orang tidak terselamatkan saat kecelakaan laut lantaran kekurangan alat dan perlengkapan saat berlayar. Kami harap bantuan jaket pelampung ini dapat bermanfaat untuk masyarakat pesisir Timika," harapnya.

 

Sementara Kepala Kantor SAR Timika, George Leo Merchy Randang mengungkapan kolaborasi ini guna memberikan pengetahuan kepada masyarakat sehingga angka kecelakaan laut dapat ditekan. "Kita harap ada feedback dari kegiatan hari ini, karena beberapa insiden yang terjadi di perairan Timika karena kurang safety. Masyarakat juga diharapkan bisa menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam merespon setiap insiden terjadi di laut," ujarnya.

 

Dikatakan George, kolaborasi PTFI dan SAR Timika selama ini telah terjalin dengan baik di mana, kali ini PTFI kembali memberikan dukungan jaket pelampung untuk masyarakat di wilayah pesisir. "Hari ini kami SAR Timika memberikan pembekalan materi. Saya harap warga bisa mengikuti dengan baik dan setelah pulang dari sini beritahukan juga kepada masyarakat di kampung," harapnya.

 

Di sisi lain Asisten I Setda Mimika, Paulus Dumais mengapresiasi dan mendukung kegiatan kolaborasi ini PTFI dan SAR untuk masyarakat di pesisir. Kedepan Pemerintah akan memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan seperti ini memberikan dampak sangat positif bagi keselamatan masyarakat saat di laut dan sungai. "Pemerintah tidak sendiri, pastinya kami berkolaborasi bersama sehingga kecelakaan laut di Timika bisa kita tekan," singkat Paulus. (*)

 

http://papua.tribunnews.com/2023/06/15/gandeng-sar-timika-pt-freeport-indonesia-serahkan-800-baju-pelampung-bagi-masyarakat-pesisir-mimika

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 2
05 May 2017

Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Komoro (LPMAK), sebuah lem...

20 July 2017

PT Freeport Indonesia menggandeng pemerintah daerah setempat membuat k...