Jokowi Kunjungi Masjid dan Gereja Bawah Tanah di Pertambangan Freeport

01 September 2022

Di sela-sela kunjungan kerjanya di area pertambangan PT Freeport di Papua, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi mengunjungi rumah ibadah yang terletak dibawah tanah, Kamis (1/9/2022). Rumah ibadah itu adalah Masjid Al Baabul Munawwar dan Gereja Okumene Soteria yang berada di Deep Mill Level Zone (DMLZ) undergound, Kabupaten Mimika.

Dikutip dari siaran pers, kunjungan Jokowi dan Iriana ini merupakan kesempatan langka meski meninjau rumah ibadah merupakan hal yang biasa dilakukan oleh Jokowi. Jokowi dan Iriana disebut mengagumi dua rumah ibadah tersebut, yang tidak hanya unik tetapi juga mencerminkan toleransi yang sangat tinggi. Setelah singgah, Jokowi dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Grasberg Block Cave Underground untuk melihat langsung pertambangan bawah tanah.

Adapun Masjid Al Baabul Munawwar dan Gereja Okumene Soteria pernah mendapatkan rekor Museum Rekor Indonesia sebagai masjid dan gereja di lokasi terdalam yakni pada kedalaman 1.700 meter di bawah permukaan tanah. Masjid dan gereja tersebut mulai dibangun pada 2014 lalu dan digunakan mulai tahun 2015 oleh para pegawai PT Freeport Indnesia.

 

http://nasional.kompas.com/read/2022/09/01/17114011/jokowi-kunjungi-masjid-dan-gereja-bawah-tanah-di-pertambangan-freeport

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 2
05 May 2017

Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Komoro (LPMAK), sebuah lem...

20 July 2017

PT Freeport Indonesia menggandeng pemerintah daerah setempat membuat k...