Kuala Kencana, Kota Terbatas yang Dikelola PT Freeport Indonesia

02 August 2022

 

Kuala Kencana adalah kawasan terbatas yang dikelola oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) dan terletak di kawasan perusahaan tambang ini. Hanya orang-orang yang memiliki kartu identitas ID PTFI atau yang telah memiliki izin tertentu yang bisa masuk. Dirangkum dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Mimika, setiap kendaraan yang akan masuk ke Kuala Kencana mungkin harus melewati pemeriksaan yang ketat dan menyeluruh oleh petugas keamanan di checkpoint perbatasan Timika-Kuala Kencana.

Perumahan bergaya barat dan fasilitas lengkap

Salah satu yang khas di Distrik Kuala Kencana Papua adalah perumahan di kawasan ini tidak seperti di kawasan Indonesia kebanyakan. Dirangkum dari Kompas. com (27/2/2022), rumah-rumah dibangun tanpa pagar dilengkapi halaman luas, dengan gaya bangunan modern bergaya barat. Susunan perumahan juga teratur dan rapi seperti menyatu dengan kondisi alam di dataran rendah. Beberapa kompleks pemukiman warga Kuala Kencana antara lain RW A atau Bumi Satwa Indah, RW B atau Tirta Indah, kompleks apartemen, kompleks Jl. Bougenville, dan yang terakhir adalah Bachelor's Quarter.

 Selain itu, Kota Kuala Kencana memiliki fasilitas yang lengkap bagi para penghuninya. Selain gedung perkantoran PT Freeport Indonesia dan komplek perumahan karyawan, tersedia pula lapangan sepak bola, lapangan badminton indoor, lapangan futsal indoor, kolam renang standar olimpiade, lapangan golf, bahkan pusat perbelanjaan. Tak hanya itu, di Kuala Kencana juga terdapat fasilitas publik seperti sekolah, alun-alun, gereja, masjid, salon, perpustakaan, restoran, dan layanan perbankan.

Sistem kabel bawah tanah

Pembangunan kawasan Kuala Kencana juga telah menggunakan perencanaan yang matang dengan penerapan underground utilities. Saluran kabel listrik, komunikasi, serta distribusi air bersih, dan pengolahan limbah tertanam rapi di dalam tanah. Dilansir dari TribunTimur, Kuala Kencana merupakan kota pertama di Indonesia yang memiliki sistem saluran air kotor yang lalu disalurkan ke pusat pengelolaan limbah. Tak hanya itu, saluran kabel listrik bawah tanah di Kuala Kencana juga menjadi yang pertama di Indonesia. Demikian penjelasan mengenai Distrik Kuala Kencana yang terdapat di Papua.

http://regional.kontan.co.id/news/kuala-kencana-kota-terbatas-yang-dikelola-pt-freeport-indonesia

Back to List

Berita Selanjutnya

17 October 2020

Papua kembali menunjukkan keanekaragaman hayatinya melalui penemuan du...

25 November 2020

Universitas Cenderawasih (UNCEN) bekerja sama dengan PT Freeport Indon...