MIND ID, Freeport, dan Antam Bakal Bentuk Konsorsium

29 August 2023

Perusahaan tambang menyatakan akan membantu percepatan pembangunan Papua. Sebab, pembangunan di Papua tidak hanya bergantung pada pemerintah, tetapi juga memerlukan peran strategis perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah Papua. Percepatan pembangunan dan kesejahteraan di Papua bisa dilakukan melalui investasi, penciptaan lapangan kerja, serta pengembangan berkelanjutan yang dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi masyarakat setempat.

Menurut Staf Khusus Wakil Presiden, Masykuri Abdillah dengan kolaborasi yang kuat antara pemerintah dan sektor swasta, pembangunan di Papua diharapkan dapat dipercepat secara efektif untuk mencapai tujuan kesejahteraan yang lebih tinggi.  Adapun perusahaan-perusahan yang beroperasi di Papua saat ini adalah PT MIND ID, PT Freeport Indonesia, dan PT Aneka Tambang (PT Antam).

"Percepatan pembangunan Papua dilakukan dengan melibatkan tokoh-tokoh agama di Papua, terutama tokoh-tokoh gereja. Untuk itu, saya mengadakan koordinasi tata kelola corporate social responsibility (CSR) dari perusahaan-perusahaan di Papua. Tujuannya adalah agar percepatan pembangunan di Papua melibatkan perusahaan-perusahaan di Papua. Terkadang, APBN belum bisa mencukupi jika ada program-program yang mendesak untuk dilakukan," kata Masykuri dikutip dari keterangan tertulis, Selasa 29 Agustus 2023.

Director-Executive Vice President, Sustainable Development & Comrels PT Freeport Indonesia, Claus Oscar Ronald Wamafma mengatakan, Freeport sudah sejak lama membantu masyarakat Papua, utamanya yang menyangkut kebutuhan dasar, seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi, infrastruktur, dan penguatan kelembagaan. Untuk itu, PT Freeport akan terus terbuka dan berkomitmen untuk membantu masyarakat Papua agar agenda percepatan pembangunan yang dijalankan pemerintah pusat dapat berjalan baik.

Selain itu, Vice President Environment & Social Performance Mining Industry (MIND ID), Binahidra Logiardi, juga mengungkapkan bahwa tanggung jawab sosial perusahaannya sebenarnya hanya berfokus pada daerah sekitarnya. Namun demikian, MIN ID bertekad untuk membantu rakyat Papua di daerah lain di Papua meskipun bukan wilayah prioritas MIND ID.

Senada dengan kedua perusahaan di atas, Human Capital, CSR, & Finance Vice President PT Antam Tbk, Koko Susetio juga menegaskan bahwa PT Antam akan terus berkontribusi dalam pembangunan Papua melalui program CSR-nya.

Menanggapi berbagai komitmen tersebut, Masykuri menggarisbawahi signifikansi keterlibatan perusahaan dalam berkontribusi di Papua guna mempercepat pembangunan di seluruh wilayah Papua.

Ia juga menambahkan, peran tokoh agama dan masyarakat juga sangat berarti khususnya dalam mendistribusikan program CSR perusahaan ke seluruh penjuru Papua. "Saya menerima usulan dari peserta rapat untuk membentuk konsorsium perusahaan-perusahaan di Papua untuk berkontribusi pada percepatan pembangunan Papua," ujar dia.

http://www.metrotvnews.com/read/KYVCJ3mv-mind-id-freeport-dan-antam-bakal-bentuk-konsorsium-percepatan-pembangunan-papua

Back to List

Berita Selanjutnya

Other 1
06 January 2017

PT Freeport Indonesia hari ini menyerahkan bonus juara sebesar 1 Milya...

09 January 2017

PT Freeport Indonesia (PTFI) hari ini menerima piagam rekor dunia dari...