Resmi Dimulai, Freeport Fasilitasi Transportasi Khusus Bagi 3.600 Karyawan Asli Papua Rayakan Natal di Kampung

09 December 2022

PT Freeport Indonesia melalui program Christmas Flight and Boat yang digelar setiap tahunnya menyediakan transportasi pesawat dan perahu khusus untuk karyawan dan keluarga asli Papua yang akan merayakan hari Natal bersama keluarga di kampung halamannya.

Pada program Christmas Flight and Boat Tahun 2022-2023 terjadi peningkatan peserta sebesar 43 persen dimana tahun sebelumnya.

Pada Tahun 2021 lalu, tercatat sebanyak 2.170 karyawan dan keluarga menjadi peserta dan tahun ini naik menjadi 3.600 lebih.

Selain itu program Christmas Flight and Boat Tahun 2022-2023 ini juga melayani 47 destinasi yang menjadi tujuan para peserta.

Program Christmas Flight and Boat tahun 2022-2023 dibuka secara resmi oleh Direktur dan EVP Sustainable PTFI, Claus Wamafma di Bandara Perintis Lama, Jumat (9/12) yang ditandai dengan pemukulan Tifa.

Tujuan dari program tersebut adalah untuk menyediakan fasilitas penerbangan dan pelayaran bagi karyawan dan tanggungan mereka yang berhak untuk merayakan Natal dikampung halaman.

Direktur dan EVP Sustainable PTFI, Claus Wamafma dalam sambutannya mengatakan, program ini merupakan program yang rutin dilakukan oleh PT Freeport Indonesia kecuali pada saat terjadi pandemi lalu yang berhenti karena adanya pembatasan perjalanan baik pesawat maupun kapal oleh pemerintah.

"Jadi fasilitas ini tidak hanya dinikmati oleh teman-teman karyawan yang merayakan Natal tapi juga teman-teman yang merayakan Idul Fitri dan digelar setiap tahunnya,"kata Claus.

Claus berharap panitia benar-benar mempersiapkan program ini dengan baik sehingga program dapat berjalan tanpa ada kendala.

Selain itu panitia juga diminta harus memberikan edukasi agar peserta yang akan berangkat bisa berjalan dengan lancar.

Claus juga berharap terus dilakukan evaluasi terhadap program Christmas Flight and Boat setiap tahunnya agar program berjalan baik, termasuk mendata kenaikan penumpang dan barang bawaan peserta.

"Seperti kecepatan pelayanan, selain itu mengantisipasi adanya perubahan cuaca yang mendadak bisa mengganggu transportasi yang akan jalan. Selain itu diharapkan para peserta menjaga kebersihan dan ketertiban saat berada di atas pesawat maupun kapal dan bandara serta pelabuhan,"ungkapnya.

Dalam pembukaan acara juga dilakukan penyerahan bantuan dari sekolah Yayasan Pendidikan Jayawijaya (YPJ) Kuala Kencana untuk masyarakat pedalaman.

Selain itu juga dilakukan penyerahan tiket akomosasi dan bingkisan secara simbolis kepada perwakilan peserta.(ron)

 

http://fajarpapua.com/2022/12/09/resmi-dimulai-freeport-fasilitasi-transportasi-khusus-bagi-3-600-karyawan-asli-papua-rayakan-natal-di-kampung

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 2
05 May 2017

Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Komoro (LPMAK), sebuah lem...

20 July 2017

PT Freeport Indonesia menggandeng pemerintah daerah setempat membuat k...