Ekonomi Papua Tumbuh 14,54 Persen di Kuartal III 2021, Tertinggi di Indonesia

25 November 2021

Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Papua menyatakan, pertumbuhan ekonomi Provinsi Papua pada periode triwulan atau kuartal III 2021 tumbuh 14,54 persen.Angka tersebut merupakan yang tertinggi dibandingkan 33 provinsi lain di Indonesia. "Papua pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia. Kita pada triwulan III tumbuh sebesar 14,54 persen," ujar Kepala KPw BI Papua Naek Tigor Sinaga, di Jayapura, Rabu (24/11/2021).

Tingginya pertumbuhan ekonomi Papua, terang Tigor, dipengaruhi kinerja sektor pertambangan yang meningkat dengan kontribusi terbesar berasal dari PT Freeport Indonesia.Selain itu, momentum pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI di Papua beberapa waktu lalu juga mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. "Tercatat, kontribusi sektor tambang saat ini mencapai 54,6 persen. Sementara PON sendiri dinilai sebagai momentum pemulihan sektor non tambang," kata dia.

BI memberi saran agar pelaku ekonomi di Papua bisa segera berintegrasi ke dunia digital agar pertumbuhan ekonomi bisa dipertahankan. Terlebih, pandemi Covid-19 belum berakhir sehingga kegiatan ekonomi secara digital sangat diperlukan. "Digitalisasi itu penting, apalagi pembentukan tim percepatan dan perluasan digital menjadi kunci, karena tren digital menjadi motor penggerak, di samping usaha produktif lain," kata Tigor.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Papua M. Ridwan Rumasukun menyatakan, Pemprov Papua terus mendorong sinergitas antara pemangku kepentingan dengan pelaku usaha agar pertumbuhan ekonomi dapat terus ditingkatkan. Meski memiliki sumber daya alam yang melimpah, Pemprov Papua menginginkan sektor perdagangan dan produksi bisa ditingkatkan guna meminimalisasi ketergantungan Papua dari sektor tambang. "Dengan keunggulan SDA yang kita miliki serta tekad kita untuk menjadi lebih baik, saya yakin visi Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera bisa terwujud," kata Ridwan.

 

http://regional.kompas.com/read/2021/11/25/102029178/ekonomi-papua-tumbuh-1454-persen-di-kuartal-iii-2021-tertinggi-di-indonesia

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 2
05 May 2017

Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Komoro (LPMAK), sebuah lem...

20 July 2017

PT Freeport Indonesia menggandeng pemerintah daerah setempat membuat k...