Pemilihan Putra Putri Alam Lestari, PTFI: Manfaatkan Medsos Pengaruhi Orang Cinta Lingkungan

11 May 2021

PT Freeport Indonesia menggelar pemilihan Pangeran Alam dan Putri Lestari angkatan ke-15 tahun 2020/ 2021 sebagai Duta Lingkungan di Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (11/5/2021). 15 peserta merupakan siswa-siswi SMP se-Timika yang sebelumnya mengikuti pelatihan leadership, public speaking dan peduli lingkungan.

Senior Manager Enviromental Department PTFI, Esti Gesang Setyadi menyebutkan, Peserta Alam Lestari tahun ini merupakan peserta yang spesial. Pasalnya, di tahun sebelumnya, kegiatan ini sempat terlaksana namun pada saat hari pemilihan pangeran dan putri, kegiatannya tidak terlaksana akibat pandemi.

Sedangkan di tahun ini, untuk pertama kalinya seluruh rangkaian kegiatan mulai dari pembimbingan hingga nominasi dilakukan secara online. "Kita harus beradaptasi dengan kondisi pandemi," ujarnya dalam sambutan di Rimba Papua Hotel, Timika.

Menurutnya, PT Freeport Indonesia terus berusaha menjalankan kegiatan tersebut sebab dirasa penting untuk memberi pemahaman lingkungan kepada anak sejak dini. "Ini bekal untuk anak-anak, terutama pada usia dini untuk bagaimana mereka mencintai lingkungan, bagaimana mereka bisa berkontribusi terhadap lingkungan," terangnya.

Dijelaskan Gesang, di masa angkatan ke-15 ini, para alumni sudah mencapai 566 orang sehingga pihaknya yakin para alumni ini dapat berkontribusi melakukan tindakan baik terhadap lingkungan. "Memberikan perubahan-perubahan dalam lingkungan mereka supaya lingkungan ini bisa dijaga dan dilestarikan," ungkapnya.

Dalam acara yang bertema “Be a part of the solution, not pollution” ini, PTFI mengharapkan para peserta Alam Lestari 2021 bisa menjalankan program-program lingkungan mulai dari hal yang kecil.

Misalnya, menghemat penggunaan listrik dan air, serta membuang sampah pada tempatnya. Kalau sudah bisa lakukan hal-hal itu, mungkin bisa melakukan hal-hal yang sedikit lebih besar.

“Misalnya membuat kompos, menanam tanaman, atau bisa me-recycle sampah-sampah yang dihasilkan dari rumah tangga,’ ujar Gesang.

Menurutnya, hal-hal tersebut dapat dimulai dari diri pribadi lalu menularkan ke orang lain, seperti keluarga dan kerabat. Juga dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, menularkan hal-hal positif ini juga bisa dilakukan melalui media sosial, sehingga perilaku peduli terhadap lingkungan dapat dimiliki setiap orang. “Youtube, Facebook, TikTok misalnya, dari situ kalian bisa membuat program untuk membuat orang di sekitar kita untuk lebih mencintai lingkungan,” serunya kepada peserta.

Adapun nominasi, yang pertama, Kategori Aktif diberikan kepada peserta yang dinilai aktif selama masa pelatihan, kategori ini dianugerahkan kepada Vanesa Aifellyna dari SMP Sion Mimika. Kedua, Kategori Persahabatan, untuk peserta yang dinilai dapat merangkul teman-teman lain. Kategori ini dianugerahkan kepada Febri Wayangkau dari SMPN 7 Mimika.

Ketiga, Kategori Leadership diberikan kepada peserta yang dinilai memiliki kemampuan leadership dalam melakukan tugas kelompok, kategori ini dianugerahkan kepada Ethan Juano Amba dari SMP Kristen Kalam Kudus. Keempat, Kategori Favorit dianugerahkan kepada Chelsea Friska Monalisa dari SMP Kristen Kalam Kudus.

Kelima, Kategori Berbakat dianugerahkan kepada Dwi Febrianti dari SMP Katolik Unggulan Santa Maria. Keenam, Kategori Kreatif dianugerahkan kepada Gracella Miracle Mentang dari SMP Yosua Timika.

Runner up Pangeran Alam dianugerahkan kepada Renovaldy Imanuel dari SMP Kristen Shining Star, serta Runner up Putri Lestari dianugerahkan kepada Claudia Sopacua dari SMPN 7 Mimika.

Untuk Pangeran Alam tahun 2021 ini, dianugerahkan kepada Yisra’El Miracle Bobot Wato dari SMP YPJ Kuala Kencana. Sedangkan Putri Lestari tahun 2021, dianugerahkan kepada Putri Siruru dari SMPN 8 Mimika.

Sumber : seputarpapua.com

Back to List

Berita Selanjutnya

17 October 2020

Papua kembali menunjukkan keanekaragaman hayatinya melalui penemuan du...

25 November 2020

Universitas Cenderawasih (UNCEN) bekerja sama dengan PT Freeport Indon...