Peringati Hari Ozon 2022, Freeport Bersama Mahasiswa Mimika Tanam Pohon di Area Pengendapan Ajkwa

26 September 2022

Dalam rangka memperingati hari ozon se-dunia yang jatuh pada tanggal 16 September lalu, PT Freeport Indonesia (PTFI) melalui Divisi Enviromental melakukan kegiatan menanam 500 bibit pohon kelapa di daerah pengendapan Ajkwa yang dimodifikasi atau Modified Ajkwa Deposition Area (ModADA), Mile Point 39 PTFI seluas lima hektar.

Kegiatan yang mengangkat tema "Lindungi Bumi untuk Kehidupan Bersama" dengan melakukan aksi penghijauan melalui penanaman pohon ini melibatkan puluhan mahasiswa dari Politeknik Amamapare Timika, Universitas Timika dan STIE Jambatan Bulan.

Act Manager Enviromental Central System and Project Division Enviromental PTFI, Pratita Puradyatmika dalam sambutannya pada kegiatan tersebut menyebutkan, pihaknya memilih menanam bibit pohon kelapa karena sebelumnya pernah ditanam pohon lain di lokasi tersebut tapi dibakar oleh pendulang yang melintas. "Kita pilih pohon kelapa karena kita berpikir nanti berbuah, orang yang melintas di sini pasti cari air dan mereka bisa memetik buah kepala. Dengan demikian kita berharap mereka bisa menjaga pohon kelapa dan tidak membakarnya lagi," ujarnya.

Pratita mengatakan, kegiatan penghijauan yang dilakukan ini bukan hanya sebuah seremoni belaka tetapi menjadi momen mengubah perilaku hidup. "Jika masih belum memiliki visi hidup ramah lingkungan jadikan momen mengubah perilaku kita menjadi agen perubahaan. Kita tularkan kepada anak-anak kita, keluarga dan orang-orang yang ada di sekitar kita untuk sama-sama menjaga lingkungan," ujarnya.

Sementara itu Mahasiswa STIE Jambatan Bulan Timika, Nhila Sagita Abdul Mutalib mengaku sangat senang mengikuti kegiatan ini karena selain dapat mengunjungi area PTFI juga dapat berpartisiapsi aktif dalam kegiatan penanaman pohon.

"Ini kegiatan yang sangat bermanfaat dan baru pertama kali saya lakukan. Hal baik ini ke depannya pasti akan terus dilakukan untuk menjaga bumi dan saya merasa bertanggung jawab mengajak orang-orang yang berada di sekitar saya untuk menjaga bumi ini dengan menanam pohon," ungkap mahasiswi Jurusan Ekonomi Pembangunan Angkatan tahun 2020 ini.

Hal yang sama juga diakui oleh Aprianto, Mahasiswa Program Studi Teknik Pertambangan di Politeknik Amamapare Timika Angkatan tahun 2022. Menurut dia, melalui kegiatan ini dirinya lebih semakin mencintai lingkungan, khususnya dalam upaya menjaga lapisan ozon.

"Saya sangat senang mengikuti kegiatan ini dan jujur saya kegiatan seperti ini baru pertama kali bagi saya. Setelah ini saya akan mengajak keluarga, masyarakat sekitar di tempat saya tinggal dan teman-teman mahasiswa untuk menjaga kelestarian lingkungan. Terima kasih buat PTFI yang sudah memfasilitasi kegiatan ini. Semoga ke depan PTFI tetap melakukan kegiatan sejenis secara intens bagi mahasiswa di Kabupaten Mimika," tutur Aprianto. Di akhir rangkaian kegiatan penanaman bibit pohon kelapa itu dilakukan beberapa permainan dan pemberian doorprize. (*)

 

http://www.salampapua.com/2022/09/peringati-hari-ozon-2022-freeport.html

Back to List

Berita Selanjutnya

17 October 2020

Papua kembali menunjukkan keanekaragaman hayatinya melalui penemuan du...

25 November 2020

Universitas Cenderawasih (UNCEN) bekerja sama dengan PT Freeport Indon...