Presiden Jokowi Resmikan Teknologi 5G Smart Mining PT. Freeport Indonesia, Diklaim Pertama di Asia Tenggara

01 September 2022

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan peluncuran teknologi 5G Smart Mining hasil kerja sama PT. Freeport Indonesia (PTFI) dengan PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) di Tembagapura, Papua, Kamis (1/9/2022).

Dalam sambutannya, Presiden menekankan peran inovasi teknologi dalam menghadapi persaingan global di berbagai sektor yang semakin terdigitalisasi, terlebih untuk memajukan industri pertambangan dalam negeri.

Penggunaan teknologi 5G smart mining tersebut merupakan yang pertama di kawasan Asia Tenggara. "Hari ini, kita buktikan bahwa Indonesia telah bergerak lebih maju dengan menerapkan 5G smart mining pertama di Asia Tenggara oleh PTFI, bekerja sama dengan Telkomsel, dalam rangka mendukung otomatisasi dan kendali jarak jauh, serta meningkatkan keselamatan kerja dan produktivitas pertambangan perusahaan," ujar Jokowi di Mimika, Kamis.

"Saya yakin teknologi ini akan membuat PTFI semakin diperhitungkan di tingkat global, menghasilkan semakin banyak sumber daya manusia di bidang pertambangan yang berkualitas di dunia, dan dapat berkontribusi bagi kemajuan industri pertambangan di Indonesia," lanjut dia.

Presiden menekankan, intervensi teknologi, seperti penerapan konsep kecerdasan buatan (artificial intelligence), internet untuk Segala (IoT), dan Mahadata (big data) dapat mendukung kegiatan operasional tambang yang efisien, modern, sekaligus aman dan berkelanjutan.

Melalui teknologi 5G smart mining, aktivitas tambang bawah tanah dapat dimonitor melalui kamera yang terhubung dengan kecerdasan buatan, sekaligus mencegah dan meminimalkan risiko kecelakaan kerja. "Saya juga sangat gembira mendengar bahwa tambang bawah tanah yang medannya sangat kompleks dan dikendalikan dari jarak jauh ini, dioperasikan oleh 99 persen putra-putri Indonesia, khususnya dari tanah Papua," tuturnya.

Presiden Direktur PTFI menjelaskan, perusahaan yang tengah ia pimpin tersebut telah menerapkan Advanced Digital Technology dalam operasional tambang bawah tanah melalui pengembangan sistem kendali jarak jauh menggunakan teknologi WiFi sejak 2006, dengan melibatkan mitra pihak ketiga dan investasi puluhan juta dollar.

Pada 2021, Kementerian BUMN mendorong kolaborasi PTFI dan Telkomsel untuk menerapkan teknologi 5G dalam operasi penambangan, sebagai yang pertama di Asia Tenggara. Kemudian, sejak April 2022 tahap pembuktian konsep penerapan teknologi

5G sukses dalam use case remote loader dan underground safety system di area operasional tambang bawah tanah PTFI.

Dengan penggunaan teknologi berbasis WiFi yang sudah demikian luas dengan investasi yang signifikan, maka penggunaan teknologi 5G saat ini masih di area terbatas. "Pengembangan tambang di kedalaman lebih dari 1.500 meter di bawah permukaan tanah memiliki risiko keselamatan yang tinggi bagi karyawan dan aset perusahaan lainnya, sehingga hal tersebut memerlukan perencanaan yang cermat, penerapan teknologi yang tepat, serta sumber daya manusia yang mumpuni," kata Wenas.

"PTFI telah menerapkan Advanced Digital Technology dalam operasional tambang bawah tanah melalui pengembangan sistem kendali jarak jauh menggunakan teknologi WiFi sejak tahun 2006. Kehadiran inovasi baru teknologi 5G di area penambangan PTFI akan lebih menguatkan posisi strategis PTFI sebagai pemimpin dalam industri tambang Indonesia," lanjut dia.

Sementara Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan Telkomsel sukses menjadi perusahaan telekomunikasi digital pertama di Indonesia yang menggelar jaringan dan layanan 5G. "Telkomsel kini melanjutkan komitmennya untuk memperkuat ekosistem pemanfaatan teknologi 5G yang kali ini diwujudkan dengan dukungan penerapan teknologi 5G Underground Smart Mining pertama di lingkungan operasional Pertambangan di PT Freeport Indonesia," kata Hendri.

 

http://regional.kompas.com/read/2022/09/01/145639978/presiden-jokowi-resmikan-teknologi-5g-smart-mining-pt-freeport-indonesia

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 3
17 May 2017

Ribuan karyawan di Ridge Camp akan menjadi yang pertama menikmati inve...

07 July 2017

Upaya-upaya pengembangan SDM dengan memanfaatkan pesatnya perkembangan...