PT Freeport Indonesia Bangun Sekolah TK Mamunuok di Kampung Utikini Baru Mimika

09 June 2023

PT Freeport Indonesia (PTFI) mendukung pembangunan gedung sekolah baru untuk Taman Kanak-kanak (TK) Mamunuok di Kampung Utikini Baru SP 12, Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

 

Gedung sekolah didirikan PTFI ini akan menjadi tempat belajar bagi anak-anak Papua, khususnya yang berasal dari Suku Amungme, Suku Dani, Suku Damal dan suku Moni yang merupakan mayoritas penduduk di kampung Utikini Baru. Gedung sekolah TK Mamunuok dibangun PTFI memiliki nilai investasi sebesar Rp 1,3 milyar ini memiliki tiga ruang kelas dengan kapasitas 25 murid pada setiap ruangnya. Selain memiliki ruang-ruang kelas, gedung baru ini juga dilengkapi dengan tiga buah toilet dan ruang guru. Fasilitas-fasilitas penunjang kegiatan belajar lainnya, seperti area bermain akan dikembangkan kedepannya.

 

PTFI berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan pemerintah daerah dan mitra-mitra lainnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Mimika, termasuk dengan membangun infrastruktur pendidikan, memperluas akses pendidikan, dan meningkatkan kualitas pembelajaran. "Kami percaya bahwa investasi PTFI di sektor pendidikan anak-anak Papua adalah investasi jangka panjang yang akan memberikan manfaat besar bagi masa depan mereka dan Papua secara keseluruhan," ujar Senior Vice President Community Development, Nathan Kum kepada Tribun-Papua.com, Jumat (9/6/2023).

 

Sementara Ketua Yayasan Mamunuok, Devia Mom mengatakan, sejak tahun 2010 lalu anak-anak TK ditempat ini menempati bangunan sekolah sewaan dengan masa sewa diperpanjang setiap tahunnya.

 

Perpanjangan masa sewa secara rutin ini tidak dapat memberi kepastian untuk terus berjalannya kegiatan belajar dan mengajar secara berkelanjutan. "Kami sangat mengapresiasi inisiatif Freeport dalam memajukan pendidikan anak-anak Papua khususnya di anak-anak di kampung Utikini Baru. "Penyediaan gedung sekolah yang layak ini memberi kepastian bagi anak-anak Papua untuk dapat terus belajar dan meraih cita-cita mereka, sekaligus memberi harapan bagi kami untuk terus mendidik anak-anak dan memajukan sektor pendidikan Papua," singkat Devia Mom.

 

Diketahui, penyediaan bangunan sekolah ini mempertegas komitmen PTFI untuk membangun masyarakat Mimika secara jangka panjang. Upaya lain PTFI dalam mengembangkan kualitas pendidikan masyarakat Mimika dapat dilihat pula dari kemitraan dengan Yayasan Pengembangan Masyarakat Amungme Kamoro (YPMAK).

 

PFTI juga membina putra-putri asli Papua di Sekolah Asrama Taruna Papua (SATP) di Mimika, Semarang dan beberapa kota studi lain diluar Papua. PTFI melaui YPMAK, juga memberikan beasiswa kepada putra-putri Papua hingga tingkat perguruan tinggi.

 

http://papua.tribunnews.com/2023/06/09/pt-freeport-indonesia-bangun-sekolah-tk-mamunuok-di-kampung-utikini-baru-mimika

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 2
05 May 2017

Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Komoro (LPMAK), sebuah lem...

20 July 2017

PT Freeport Indonesia menggandeng pemerintah daerah setempat membuat k...