PTFI Bangun Pusat Transformasi Bersama

19 November 2022

Pengembangan operasional smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) terus dilakukan. Pada Sabtu (19/11), Pusat Transformasi Bersama (PTB) dibangun PT Freeport Indonesia di Manyar Kompleks bekerja sama dengan Yayasan Takmir Masjid Manyar (Yatamam). Fasilitas itu nanti digunakan untuk pengolahan limbah smelter.

Fasilitas PTB tersebut bedungsi sebagai pengalihan sampah daur ulang sementara (temporary recyclable waste transfer facility) untuk proyek smelter Manyar. PTB akan mengupayakan pemulihan material melalui konsep daur ulang sehingga dapat mengurangi sampah anorganikyang dibuang langsung ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Strategi pengurangan limbah smelter Manyar mencakup proses pemilahan limbah konstruksi secara langsung di lokasi smelter, pengolahan limbah di fasilitas PTB, serta penjualan hasil produk pengolahan limbah bernilai tambah oleh pihak ketiga atau penerima manfaat.

Contohnya, pengelolaan besi sisa tiang pancangyang dipilah, dibersihkan, dan dipotong sebelum dijual kepada pembeli lokal. Untuk tahap pertama, fungsi PTB diutamakan untuk mengelola besi sisa tiang pancang, kayu sisa pendukung konstruksi, dan material sisa pengemasan dengan melibatkan badan usaha milik desa (BUMDes) serta bank sampah setempat.

Executive Vice President Corporate Planning & Business Strategy PTFI Horst Garz menitikberatkan dukungan perusahaan terhadap prioritas komunitas Gresik dalam pengelolaan limbah. "PTFI bangga dapat menjadi bagian dari upaya keberlanjutan ini. Keberadaan fasilitas PTB akan mendukung visi dan misi masyarakat Gresik dalam pengelolaan sampah yang bertanggung jawab melalui 3R [reuse, reduce, dan recycle) sekaligus mengambil peran dalam ekonomi sirkular," ujamya.

Limbah-limbah dari smelter itu bisa dimanfaatkan kembali. Dalam proses pengelolaannya, kapasitas PTB itu diestimasikan dapat menerima 10-15 truk besar setiap hari. PTB tersebut juga melibatkan ekonomi lokal. UMKM, Bank Sampah, dan delapan BUMDes di Manyar akan menjadi prioritas.

PTB yang diinisiatori PT Freeport Indonesia akan dilakukan berkelanjutan serta bisa dijadikan contoh bagi perusahaan-perusahaan lain.

 

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 2
05 May 2017

Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Komoro (LPMAK), sebuah lem...

20 July 2017

PT Freeport Indonesia menggandeng pemerintah daerah setempat membuat k...