PT Freeport Indonesia Fasilitasi Keberangkatan 2.508 Karyawan Rayakan Nataru Dengan Keluarga

09 December 2021

Sebanyak 2.508 karyawan PT Freeport Indonesia difalitasi perusahaan keberangkatan agar bisa merayakan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di kampung halamanya bersama keluarga. Pemberangkatan karyawan PT Freeport Indonesia dari kontraktor, dan privatisasi merupakan agenda tahunan dan bisa disebut dengan Christmas Flight 2021. Diketahui pembukaan penerbangan dan perahu Natal 2021 dimulai 9 Desember samapi 30 Desember 2021. Sedangkan penjemputan penumpang dimulai pada 6 hinggg 18 Januari 2022.

Pembukaan ini ditandai dengan pemukulan tifa, dan penerbangan perdana dengan rute Timika-Paniai-Deiyai, menggunakan Pesawat Airfast jenis Twin Otter, pada Kamis (9/12/2021) di Terminal Perintis, Bandara Mozes Kilangin Timika. VP Industrial Relation PT Freeport Indonesia Demi Magai mengatakan, Christmas Flight ini merupakan program tahunan. Namun selama dua tahun belakangan tidak dilakukan karena terkendal Pandemi Covid-19. "Tahun ini PT Freeport bisa melakukannya. Ini semua karena anugerah dari Tuhan. Walau program ini sudah bisa digelar, tetapi ada beberapa daerah tidak bisa dilayani karena situasi dan kondisi tidak memungkinkan. Program ini juga kami selalu melakukan berkoordinasi dengan aparat keamanan, khususnya menyangkut keselamatan karyawan ke kampungnya," ujar Demi.

Lanjutnya pada penerbangan ini eselamatan karyawan ini menjadi prioritas perusahan karena mereka ini adalah aset dan perlu dijaga keselamatannya. "Kami tidak bisa ambil kebijakan sendiri untuk melakukan penerbangan ke tempat yang tidak diijinkan. Semua ini keamanan dan keselamatan karyawan," ujarnya. Dia berkata, program ini sudah dibuka kembal namun semua karyawan tetap terapkan protokol kesehatan agar saat pulang semuanya tetap sehat.

Sementara Ketua Panitia Christmas Flight, Yusak mengatakan, program ini melayani penerbangan dan laut. Untuk penerbangan melayani daerah Manokwari, Sorong, dan Nabire menggunakan pesawat komersial. Dan dipedalama Papua menggunakan Pesawat Airfast jenis Twin Otter,  seperti Enarotali, Waghete, Monamani, Kaimana, Fak fak, Serui, dan Teluk Wondama.

“Kami juga menyediakan penerbangan menggunakan helikopter sebagai pendukung program Christmas Flight,” katanya. Lanjutnya, untuk wilayah pesisir perusahaan menyiapkan bahan bakar ke 17 daerah. Daerah ini antara lain Kokonao, Agimuga, Aika Wapuka, Ipaya, Potowayburu, Pronggo, Timika Pantai, Agats, Atuka, Omawita, Sumapo, Ararao, Kekwa, Manasari, Umar, Yaraya, dan Amar. “Jadi bahan bakar minyak disediakan oleh perusahaan sebenyak 800 liter setiap karyawan," ucapnya. Ia berharap, program ini bisa membantu karyawan dalam merayajan Natal bersama keluarga. Daripantauan Tribun-Papua.com pertama dilakukan adalah ke Kabupaten Paniain dan Deiyai. Dimana selama pernerbangan berlangsung aman serta cuaca cerah.

 

http://papua.tribunnews.com/2021/12/09/pt-freeport-indonesia-fasilitasi-keberangkatan-2508-karyawan-rayakan-nataru-dengan-keluarga

 

 

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 2
05 May 2017

Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Komoro (LPMAK), sebuah lem...

20 July 2017

PT Freeport Indonesia menggandeng pemerintah daerah setempat membuat k...