PT Freeport Indonesia Gelar Ibadah Natal Oikumene Tahun 2022, Bertajuk "Natal di Rumah Kita"

06 December 2022

Meski karyawan dan management PT Freeport Indonesia (PTFI) berasal dari berbagai perbedaan namun dipersatukan dalam bingkai kekeluargaan pada Ibadah Oikumene dan Perayaan Natal bersama tahun 2022 dengan mengangkat Tema "Natal di Rumah Kita" yang berlangsung di Gedung Multipurpose Kuala Kencana, Mimika, Papua Tengah, Senin (5/12/2022).

Adapun pesan-pesan yang terkandung dalam Tema Natal tidak terlepas dari pedoman perusahaan yakni SINCERE yang merupakan singkatan dari Safety (Keselamatan), Integrity (Integritas), Commitment (Komitmen), Respect (Rasa Hormat), dan Excellence (Keunggulan).

Hadir pada Ibadah dan Perayaan Natal BAMAG PTFI tersebut, Wakil President Direktur PTFI Jenpino Ngabdi, Direktur PTFI Claus Wamafma, Vice Presiden Hubungan Industrial PTFI Demi Magay, VP Environmental PTFI Gesang Setyadi, Ketua BAMAG PTFI Natalis Edoway, Ketua Umum Panitia Natal PTFI Bernart Laisina, karyawan dan keluarga dari karyawan PTFI.

Ibadah Natal diawali dengan fragmen yang menceritakan tentang kehidupan karyawan PTFI dan keluarganya saat merayakan Natal bersama.

Khotbah Natal dibawakan oleh Pdt. Stephen Salainti,M.Th yang diambil dari Kitab Matius 1:21 yang berbunyi "Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka."

Wakil President Direktur PTFI Jenpino Ngabdi dalam sambutannya mengatakan, apa yang terjadi di tahun 2022 ini dapat memberikan pemahaman kepada semua karyawan dan seluruh management PTFI untuk dapat meninggalkan cara-cara lama dan bisa lebih berkreatif, mengingat usia PTFI saat ini sudah 55 tahun.

"Rumah Kita yang dimaksud dalam Tema ini juga memiliki makna mengenai komunitas Kristiani yang menjunjung sikap saling menghormati," kata Jenpino.

Ia pun mengungkapkan rasa bersyukur sepanjang tahun 2022, dimana keberhasilan yang diraih PTFI mendapat apresiasi tinggi dari Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja beberapa waktu lalu, begitu pun dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani saat kunjungannya ke Timika belum lama ini yang menyampaikan rasa bangganya atas pencapaian PTFI.

"Saya yakin dan percaya, seluruh karyawan PTFI terus melakukan perbaikan kinerja untuk pencapaian peningkatan kinerja menuju sebuah perubahan yang lebih baik di masa yang akan datang," ujarnya.

Sementara itu Ketua BAMAG PTFI Natalis Edowai mengatakan bahwa suatu kebanggaan menjadi karyawan PTFI dan juga menjadi warga negara Indonesia karena tidak ada batasan ruang bagi umat Kristiani untuk beribadah.

"Saya bangga menjadi karyawan PTFI selama 25 tahun. Hari ini kita bisa kembali merayakan Natal dengan meriah, setelah dua tahun lebih tidak ada perayaan Natal karena pendemi Covid-19, dan baru kali ini semua pimpinan PTFI dari Jakarta pun hadir di sini untuk ikut Natal bersama seluruh karyawan dan keluarga di Multipurpose Mimika," tuturnya.

Menurutnya, Natal tahun ini memberikan makna yang besar bagi semua umat Kristiani khususnya bagi karyawan PTFI dan keluarga.

"Kita tahu saat pendemi Covid-19 negara mengalami krisis, banyak keluarga yang kehilangan orang-orang yang mereka cintai, banyak perusahaan yang akhirnya melakukan pengurangan tenaga kerja akibat covid-19 dan banyak pula yang akhirnya mengurangi sebagian penghasilan karyawan agar bisa bertahan. Namun selama itu pula PTFI tidak mengurangi karyawannya dan seluruh hak-hak pekerja diberikan secara full. Ini membuktikan bahwa dengan kehadiran PTFI, semua orang terberkati," ungkapnya.

Sedangkan Ketua Panitia Natal BAMAG PTFI Cynthia Nancy mengatakan, Tema Natal yang diangkat tahun ini memiliki makna yang sangat besar, sebab PTFI adalah rumah bagi semua karyawan dari berbagai suku, bangsa dan agama, yang berbeda namun tetap satu, dalam kehangatan keluarga sehingga tetap menjaga keharmonisan, kenyamanan dan saling menghormati satu sama lain.

"Karena terlaksananya Natal ini pun tidak terlepas dari campur tangan anggota keluarga karyawan, serta juga dari panitia Lawland dan Highland. Untuk itu saya sangat berterimakasih, sehingga Ibadah dan Perayaan natal ini bisa berjalan dengan baik. Kiranya damai dan sukacita Natal menjadi bagian kita semua, Selamat Natal 2022 dan Selamat menyongsong Tahun Baru 2023," kata Cynthia.

 

http://www.salampapua.com/2022/12/pt-freeport-indonesia-gelar-ibadah.html

Back to List

Berita Selanjutnya

Other 1
06 January 2017

PT Freeport Indonesia hari ini menyerahkan bonus juara sebesar 1 Milya...

09 January 2017

PT Freeport Indonesia (PTFI) hari ini menerima piagam rekor dunia dari...