PT Freeport Dukung Pesta Adat Arapao di Kampung Nayaro

10 September 2022

PT Freeport Indonesia (PTFI) terus berkomitmen mendukung pelestarian budaya di Kabupaten Mimika. Dukungan PTFI kali ini dilakukan pada acara adat Arapao di Kampung Nayaro, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Papua.

Arapao adalah ajang pendewasaan para anak dan pemuda Suku Kamoro untuk menjalani hidup mandiri. "Kami PTFI punya prinsip bahwa kalau perusahan sukes maka masyarakat juga harus sukses dan berhasil, salah satunya adalah mendukung pesta adat suku Kamoro yaitu Arapao," kata Vice President Community Relations, Engel Enoch kepada Tribun-Papua.com, Jumat (10/9/2022).

Ia menyebut sejak proses acara adat Arapo di Kampung Nayaro dilakukan pihak Freeport selalu berkoordinasi dengan Lembaga Musyawarah Adat Suku Komoro (Lemasko). "Jadi selain hubungan kerjasama dengan Lemasko kami juga memeberikan banyak dukungan agar acara adat ini dapat berjalan dengan baik," ujarnya.

Lebih lanjut kata Engel Enoch, selain menata tempat rumah adat warga Kampung Nayaro, bantuan lain seperti transportasi, bahan makanan juga diberikan PTFI. "Dua tahun segala persiapan dari menbuat rumah adat hingga pelaksanaan hari ini didukung oleh Freeport," katanya.

Kampung Nayaro merupakan salah satu kampung binaan PT Freeport Indonesia akibat dampak dari operasi tambang. Program kerja PTFI di Kampug Nayaro banyak seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi, transportasi. "Dukungan ini akan terus dilakukan selama PT Freeport masih beroperasi," pungkasnya.

Sementara Lembaga Musyawarah Adat Suku Komoro (Lemasko), Gery Okoare mengatakan, pesta adat Arapao ini sebenyak 76 orang anak dilepas untuk hidup mandiri. "Mereka (anak-anak) menjalani tradisi pelepasan mulai dari 10 hingga 15 tahun menuju pendewasaan diri, dewasa secara lahir maupun batin," katanya.

Tak lupa Gery juga mengucapkan terimakasih kepada pihak PT Freeport Indonesia atas dukungan yang telah diberika. "Terimakasih PTFI atas dukungan selama pesta adat Arapao dilakukan," katanya. (*)

 

https://papua.tribunnews.com/2022/09/10/pt-freeport-dukung-pesta-adat-arapao-di-kampung-nayaro?page=all

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 2
05 May 2017

Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Komoro (LPMAK), sebuah lem...

20 July 2017

PT Freeport Indonesia menggandeng pemerintah daerah setempat membuat k...