Realisasi Komitmen PTFI untuk Menjaga Lingkungan secara Berkelanjutan

02 March 2021

Di tengah era kebiasaan baru, PT Freeport Indonesia (PTFI) terus mewujudkan komitmennya untuk menjaga lingkungan secara berkelanjutan. Sejumlah protokol kesehatan telah diintegrasikan ke dalam sistem kerja sehari-hari dan dipatuhi oleh seluruh karyawan. Sebagai hasilnya, beberapa pencapaian pun berhasil didapatkan selama tahun 2020.

SISTEM KERJA BARU

  • Selalu memakai masker dan menjaga jarak fisik saat memantau kualitas sumber air, melakukan reklamasi dan revegetasi untuk menghijaukan kembali area yang sudah ditambang, mengelola lahan tailing, serta melanjutkan kegiatan pelestarian keanekaragaman hayati.
  • Langsung mencuci tangan dengan sabun setelah kembali dari lapangan.
  • Melakukan pengaturan giliran kerja agar dapat membatasi jumlah orang yang bekerja di satu tempat secara bersamaan.
  • Meminimalisasi pertemuan fisik dengan mengadakan lebih banyak koordinasi virtual.

SEJUMLAH PENCAPAIAN HINGGA 2020

  • Mereklamasi lebih dari 1.000 hektar area tailing di Muara Ajkwa agar dapat memberikan nilai tambah bagi lingkungan dan masyarakat. Area reklamasi ini telah berhasil menjadi ekosistem keanekaragaman hayati untuk lebih dari 500 jenis tumbuhan, 116 jenis burung, 64 jenis kupu-kupu, 22 jenis reptil, dan 11 jenis mamalia yang hidup melalui proses suksesi alami. Tidak hanya itu, Pulau Ajkwa juga telah menjadi habitat 9 jenis mangrove, 20 jenis krustasea (udang dan kepiting), 4 jenis moluska, dan 23 famili polychaeta.
  • Memanfaatkan ekstrak tailing sebagai komponen pupuk formula atau sumber unsur hara mikro yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman keladi atau talas, yang termasuk kategori bahan makanan pokok di Papua.
  • Mengirimkan 4.000 ton materi tailing ke Kabupaten Merauke, Papua untuk digunakan sebagai materi agregat pembangunan infrastruktur jalan dan fasilitas umum lainnya. Seluruh materi ini telah memenuhi standar baku mutu dan digunakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Back to List

Berita Selanjutnya

17 October 2020

Papua kembali menunjukkan keanekaragaman hayatinya melalui penemuan du...

25 November 2020

Universitas Cenderawasih (UNCEN) bekerja sama dengan PT Freeport Indon...