Riskesdas Kabupaten Mimika Wujud Sinergi Lintas Sektor di Papua

11 July 2023

Kepala Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK) Syarifah Liza Munira menerima kunjungan Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah pada Rabu, 5 Juli 2023. Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika menyampaikan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2022 di wilayahnya. Riskesdas Kabupaten Mimika tahun 2022 dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melalui Dinas Kesehatan bersama PT Freeport Indonesia dan Yayasan Pusat Inovasi Kesehatan (PIKAT) yang berafiliasi pada Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Liza mengapresiasi kemitraan yang dilakukan dalam pelaksanaan Riskesdas Kabupaten Mimika tahun 2022. "Apresiasi atas inisiatif, upaya dan hasil yang sudah dilakukan Dinas Kesehatan di Kabupaten Mimika dengan melibatkan peran serta swasta dan masyarakat disana. Keterlibatan stakeholder di daerah sangat penting untuk memastikan pengumpulan data yang dilakukan," kata dia. Menurutnya, kebijakan kesehatan harus ditetapkan berdasarkan data dan evidence. Berdasarkan data hasil riset, pemerintah dapat memberikan layanan kesehatan yang sesuai.

Kementerian Kesehatan ingin mendorong agar pemerintah daerah dapat meningkatkan pendataan kesehatan. Selain pendataan rutin, pemerintah daerah diharapkan juga melakukan surveilans kesehatan dengan baik sehingga dapat memberikan intervensi yang tepat.

Hasil Riskesdas Kabupaten Mimika tahun 2022 diserahkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Reynold Ubra. Reynold berharap hasil Riskesdas Kabupaten Mimika tahun 2022 dapat diteruskan kepada lintas kementerian dan lembaga di tingkat pusat agar bermanfaat untuk penyusunan arah kebijakan bagi kabupaten di wilayah Daerah Otonomi Baru Provinsi Papua Tengah.

Ketua Yayasan PIKAT, Pande Putu Januraga, mengatakan, Riskesdas Kabupaten Mimika adalah salah satu riset terpenting, terkompleks dan terbesar yang pernah pihaknya dukung sebagai konsultan. Riset ini berhasil karena kerja keras Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika, terutama Dinas Kesehatan, dan tentu saja dukungan penuh PT Freeport Indonesia. "Semoga data yang dihasilkan membantu pembangunan di Mimika menjadi lebih strategis dan berdaya ungkit tinggi bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

PT Freeport Indonesia berperan dalam menyediakan sumber daya manusia dan dukungan pendanaan. PT Freeport Indonesia sebagai bagian dari Papua sangat senang terlibat secara langsung dalam Riskesdas Kabupaten Mimika tahun 2022. "Kami siap mendukung Dinas Kesehatan Mimika dan Pemerintah Daerah Mimika dalam penanganan isu-isu utama hasil Riskesdas, termasuk juga isu-isu kesehatan lainnya," kata Director-EVP Sustainable Development & Community Relations PTFI, Claus Wamafma.

http://inforial.tempo.co/info/1007632/riskesdas-kabupaten-mimika-wujud-sinergi-lintas-sektor-di-papua

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 2
05 May 2017

Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Komoro (LPMAK), sebuah lem...

20 July 2017

PT Freeport Indonesia menggandeng pemerintah daerah setempat membuat k...