Riza Pratama: Freeport Miliki Kebijakan Zero Tolerance untuk Narkoba

02 July 2022

Vice President Corporate Communications PT Freeport Indonesia (PTFI), Riza Pratama menyebutkan PTFI memiliki kebijakan Zero Tolerance terhadap narkotika. "Pelanggaran ketentuan ini akan mengakibatkan proses PHK bagi karyawan PTFI ataupun karyawan kontraktor secara langsung dan permanen dikeluarkan dari lokasi kerja." jelasnya dalam pesan elektronik yang diterima BumiPapua, Sabtu (2/7/2022) Hal ini disampaikan Riza pasca patroli rutin petugas keamanan perusahaan (PTFI) mengamankan seorang karyawan kontraktor PT Redpath berwarga negara asing memiliki perlengkapan penggunaan narkoba bersama satu bungkus plastik kecil yang diduga sabu.

Kepolisian Mimika terlibat langsung dalam penyidikan kasus ini. "PTFI mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi permasalahan penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan berbahaya (narkoba) khususnya di area perusahaan," katanya. Menanggapi risiko ini, manajemen PTFI akan mengimplementasikan program skrining narkotika secara acak untuk melengkapi program pengujian yang ada saat ini untuk mendeteksi dan mencegah penyalahgunaan narkoba. Sebelumnya kepolisian setempat dan patroli perusahaan melaksanakan patroli narkoba.

Direktur Reserse Narkoba, Kombes Polisi Alfian menjelaskan dalam patroli ini, seorang WNA ditangkap di Mile 68 Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, karena kedapatan menyimpan sabu sebanyak satu plastik ukuran kecil. "Dia (DK) ditangkap di Barak F No 105 Mile 68 Tembagapura Timika. Di plastik kecil yang dia punya, isinya serbuk kristal jenis sabu," ujar Alfian. Alfian mengatakan, saat ini DK berada di Mapolsek Tembagapura guna proses lebih lanjut. Jika terbukti menyalahgunakan narkoba jenis shabu, kata Alfian, WNA tersebut bakal diganjar Pasal 114 ayat (1) dan Pasal 112 ayat (1) dan Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI No 35 tahun 2009 tentang narkotika.

 

http://kumparan.com/bumi-papua/riza-pratama-freeport-miliki-kebijakan-zero-tolerance-untuk-narkoba-1yNsf1inNc2

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 2
05 May 2017

Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Komoro (LPMAK), sebuah lem...

20 July 2017

PT Freeport Indonesia menggandeng pemerintah daerah setempat membuat k...