Viral Wilayah Tambang PT Freeport di Papua Muncul Hujan Salju

26 July 2023

Beberapa hari ini beredar video di TikTok munculnya hujan salju di Grasberg, Papua Tengah, Indonesia. Wilayah tersebut memang menjadi tempat penambangan emas PT Freeport Indonesia. Video hujan salju di Papua yang sempat viral tersebut, diunggah pada akun TikTok @andreevav44 pada Minggu (23/7).

Bekerja sebagai karyawan di PT Freeport dan muncul hujan salju ia mengabadikannya melalui akun TikTok pribadinya. "Hujan salju di PT Freeport Indonesia," tulis Andre dalam caption video yang diunggahnya.

Grasberg memang sudah sejak lama menjadi tempat penambangan emas di wilayah Kabupaten Mimika, Papua Tengah. Tambang ini termasuk ke dalam wilayah tambang terbuka yang dikelola oleh PT Freeport Indonesia.

menambang dan memproses bijih hingga menjadi pasir halus yang mengandung tembaga, emas dan perak.

Terletak di ketinggian 4.800 meter membuat Grasberg memiliki suhu yang dingin dan kadang bersalju. Bahkan dari wilayah ketinggian tersebut Puncak Jaya dengan salju abadinya dapat dilihat di wilayah Grasberg.

Fenomena hujan salju yang turun di Grasberg, Papua Tengah ini tercatat nyaris setiap tahun terjadi. Untuk menuju wilayah penambangan, karyawan PT Freeport Indonesia harus menggunakan mobil untuk melewati jalan terjal berbatu di pegunungan.

Namun seiring berkembangnya transportasi dan teknologi, Grasberg dapat dilalui dengan kereta gantung yang menggunakan energi listrik dan menggantung pada kabel baja dengan panjang 1.660 meter.

 

http://www.jawapos.com/berita-sekitar-anda/011806032/viral-wilayah-tambang-pt-freeport-di-papua-muncul-hujan-salju

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 2
05 May 2017

Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Komoro (LPMAK), sebuah lem...

20 July 2017

PT Freeport Indonesia menggandeng pemerintah daerah setempat membuat k...