Tasya Kamila Beri Pembelakalan Program Alam Lestari PT Freeport Indonesia

21 January 2022

Puluhan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Mimika yang tergabung dalam program Alam Lestari Departemen Lingkungan PT Freeport Indonesia (PTFI) mendapatkan pembekalan secara daring mengenai kampanye lingkungan hidup dari Tasya Kamila, seorang aktris dan pegiat lingkungan pada Rabu, (19/1/2022). Manager Departemen Lingkungan PTFI, Gesang Setyadi, melalui rilis yang diterima Tribun-Papua.com, Jumat (21/1/2022) menjelaskan, program Alam Lestari merupakan program rutin dilaksanakan oleh Departemen Lingkungan Freeport. "Peserta diberikan beberapa pembekalan dalam hal pelestarian lingkungan, termasuk dalam mengkampanyekan lingkungan kepada masyarakat salah satunya melalui media sosial," kata Gesang. Kata Gesang, dengan media sosial memungkinkan suatu kampanye lingkungan, semula sangat terbatas mampu melintasi ruang dan waktu.

Diketahui Tasya Kamila telah menjadi Duta Lingkungan dan mulai berkampanye di umur 13 tahun ini, memberikan motivasi kepada peserta untuk menjadi duta lingkungan. Tasya menjelaskan, karakter pejuang lingkungan perlu memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan mau bertindak. "Selain itu juga memiliki kreativitas untuk menyelesaikan masalah sehingga menjadi bagian dari solusi, memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar bisa memotivasi dan menginspirasi orang lain untuk bertindak, memiliki optimisme dan pemikiran terbuka, wawasan yang luas dan leadership skills," kata Tasya.

Aktris penyandang gelar Master of Public Administration (MPA) Energy and Environment dari Amerika Serikat ini berpesan kepada peserta dimana dengan adanya media sosial dan internet tidak ada alasan lagi untuk kita mengabaikan isu lingkungan dan sosial. "Gunakan gadget untuk hal-hal yang bermanfaat untuk lingkungan dan apa yang bisa kita lakukan untuk lingkungan kita," ujarnya.

Sekadar diketahui, Program Alam Lestari merupakan acara tahunan yang digelar Freeport bersama perusahaan swasta di Timika bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Mimika. Diharapkan para peserta dapat menjadi duta lingkungan di masa depan dan mampu menjawab isu lingkungan. Tujuan dari program Alam Lestari ini yaitu untuk membangun pengetahuan dan kepedulian terhadap lingkungan, meningkatkan kemampuan peserta program dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan isu-isu lingkungan, memberikan pengalaman lapangan kepada peserta program serta menghasilkan duta lingkungan Kabupaten Mimika.

 

http://papua.tribunnews.com/2022/01/21/tasya-kamila-beri-pembelakalan-program-alam-lestari-pt-freeport-indonesia

Back to List

Berita Selanjutnya

17 October 2020

Papua kembali menunjukkan keanekaragaman hayatinya melalui penemuan du...

25 November 2020

Universitas Cenderawasih (UNCEN) bekerja sama dengan PT Freeport Indon...