Didukung Freeport, Pemkab Mimika Tanam 1000 Pohon

05 June 2021

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika didukung PT Freeport Indonesia (PTFI) memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day di Kabupaten Mimika di lapangan eks Pasar Lama Timika, Sabtu (5/6/2021). Pembukaan kegiatan tersebut ditandai dengan penanaman 1000 pohon.

Nantinya, hari lingkungan hidup akan berlangsung sepanjang bulan Juni 2021 dengan berbagai macam kegiatan, yaitu: Tanam pohon dan bersih kota secara rutin berkala. Aneka lomba yang akan berlangsung di area PTFI seperti: Lomba foto dan lomba video dengan tema ekosistem, lomba cerdas cermat lingkungan untuk karyawan, lomba dekorasi tempat sampah 3R. Webinar lingkungan.

Kegiatan yang bertemakan "Restorasi Ekosistem" terselenggara atas kerjasama Departemen Lingkungan PTFI dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Mimika. Semua kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan lingkungan dan kepedulian terhadap lingkungan. Sebagaimana komitmen PT Freeport Indonesia untuk terus melakukan pengelolaan lingkungan dengan menerapkan sistem menejemen lingkungan diharapkan akan terus memberikan kontribusi positif bagi lingkungan.

Dalam sambutan pembukaan kegiatan Senior Manager Enviromental PTFI, Gesang Setyadi mengatakan kegiatan penanaman pohon merupakan upaya dari PTFI dan Pemkab Mimika untuk memberikan kontribusi dalam mewujudkan Mimika berserih (bersih, rindang, sehat dan indah) menyambut PON -XX tahun 2021 dan Pesparawi.

Gesang menjelaskan, Hari Lingkungan Hidup Sedunia merupakan instrumen penting yang digunakan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk meningkatkan kesadaran tentang lingkungan serta mendorong perhatian dan tindakan politik di tingkat dunia."Hari peringatan lingkungan hidup ini dipandang sebagai kesempatan bagi semua orang untuk menjadi bagian aksi global dalam menyuarakan proteksi terhadap planet bumi, pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan, dan gaya hidup yang ramah lingkungan," katanya.

Gesang menambahkan, PBB telah mencanangkan dekade restorasi ekosistem PBB 2021 hingga 2030. Sambungnya Dekade PBB ini dimaksudkan untuk memulihkan ekosistem yang terdegradasi dan hancur untuk memerangi krisis iklim, mencegah hilangnya satu juta spesias dan meningkatkan ketahanan pangan, pasokan air serta mata pencaharian.

"Peringatan hari lingkungan hidup merupakan instrumen bagi masyarakat untuk menjaga dan memelihara lingkungan. Dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia, beberapa kegiatan sengaja dilakukan oleh PTFI untuk mengajak serta masyarakat serta komunitas PTFI untuk mengambil bagian dalam menjaga ekosistem di Mimika dalam aksi nyata. Ini juga sejalan dengan komitmen PTFI dalam upaya pelestarian dan perlindungan lingkungan melalui program yang berkelanjutan," jelasnya.

Sementara itu Wakil Bupati (Wabup) Mimika, Johannes Rettob mewakili Pemkab Mimika dalam sambutannya mengatakan, peringatan hari lingkungan menyadarkan pentingnya untuk peduli dan menjaga lingkungan sebaik mungkin. Wabup menekankan agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan dan tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar. "Lingkungan yang sehat dan berserih membutuhkan kerjasama bersama para pemangku kepentingan, dan itu butuh kesadaran masyarakat," tutur Wabup.

https://harianpapuanews.id/baca/12318-didukung-freeport-pemkab-mimika-tanam-1000-pohon.html

Back to List

Berita Selanjutnya

17 October 2020

Papua kembali menunjukkan keanekaragaman hayatinya melalui penemuan du...

25 November 2020

Universitas Cenderawasih (UNCEN) bekerja sama dengan PT Freeport Indon...