Menengok Pesona Kuala Kencana, Arena Cabor Marathon dan Jalan Cepat di PON XX Papua

04 October 2021

Mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, pemerintah pusat dan daerah telah menyiapkan venue untuk berbagai cabang olahraga, yang tersebar di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kota Merauke, dan Kabupaten Mimika. Dari berbagai cabang olahraga yang diperlombakan, cabor atletik nomor perlombaan marathon dan jalan cepat akan diselenggarakan di kawasan Kuala Kencana, di Kabupaten Mimika. Distrik di bagian selatan Provinsi Papua yang dikelola PT Freeport Indonesia ini merupakan sebuah kota fungsional di Kabupaten Mimika, Papua, yang diresmikan oleh Presiden kedua Republik Indonesia, Soeharto pada 5 Desember 1995.

Berjarak sekitar 20 Kilometer sebelah utara Timika, dan sekitar 45 kilometer sebelah barat daya Kota Tembagapura, Kuala Kencana terletak di dataran rendah Papua bagian selatan dengan luas 17.425 hektar.Manager External Communication Corpcom PT Freeport Indonesia, Kerry Yarangga mengungkapkan, para atlet yang akan bertanding untuk nomor marathon dan jalan cepat di area Kuala Kencana akan dimanjakan dengan suasana yang segar serta sejuk.

Hal ini dikarenakan kota yang selesai dibangun pada tahun 1996 ini berlokasi di tengah hutan tropis dan dirancang dengan kepekaan akan lingkungan dan ekosistem.

 "Kuala Kencana akan tercatat sebagai arena pertandingan paling segar dan sejuk karena arena pertandingan dikelilingi pohon-pohon yang menjulang tinggi," ungkap Kerry.

Selain itu, tata kota di lokasi ini juga di desain modern dan ikon alun-alun yang begitu mempesona. Terlebih, kota ini turut dirancang dengan fasilitas yang begitu lengkap oleh PTFI. Terdapat pusat perbelanjaan dan hiburan, pusat rekreasi, sekolah, serta klinik yang dibangun untuk mendukung kesejahteraan para penghuninya. Tak hanya itu, Kota Kuala Kencana juga merupakan kota pertama di Indonesia yang memiliki sistem saluran air kotor yang disalurkan ke pusat pengolahan limbah, dan dikembangkan sebagai salah satu pendukung kegiatan pertambangan di Kabupaten Mimika, lho!

Kerry mengungkapkan, area Kuala Kencana yang disiapkan untuk arena marathon dan jalan cepat ini merupakan bentuk dukungan dari PT Freeport Indonesia pada PON XX Papua. "Kami sangat mendukung dan untuk persiapan sudah sangat siap. Kami siap mendukung apa yang menjadi agenda dari PB PON," ujar Kerry. Tak hanya PTFI, kamu juga bisa turut serta pada PON XX Papua dengan memberikan dukungan dan semangat untuk para atlet yang bertanding di PON XX Papua dengan meninggalkan pesan di https://www.tribunnews.com/pon-xx-papua/jawara-lokal-go-nasional. 

Setelah itu, unggah ucapan semangat tadi di akun media sosial kamu dan tag/mention @tribunnews serta 3 orang temanmu karena akan ada hadiah menarik, lho! Jangan lupa untuk sertakan tagar #JawaraLokalGoNasional juga, ya!.

 

https://www.tribunnews.com/pon-xx-papua/2021/10/04/menengok-pesona-kuala-kencana-arena-cabor-marathon-dan-jalan-cepat-di-pon-xx-papua

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 2
05 May 2017

Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Komoro (LPMAK), sebuah lem...

20 July 2017

PT Freeport Indonesia menggandeng pemerintah daerah setempat membuat k...