Women Empowerment Bukti Komitmen MIND ID Dukung Development Karyawan

28 June 2023

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID terus berkomitmen mendukung development karyawan-karyawannya. Oleh karena itu, Grup MIND ID menjunjung tinggi nilai-nilai inklusi dan keragaman dalam mengelola sumber daya manusia. Dalam event pameran The Indonesia HR Summit (IHRS) 2023 di Bali 19-20 Juni 2023 lalu dipaparkan, grup atau perusahaan yang bergerak dalam sektor pertambangan dan logam biasanya identik dengan sektor yang didominasi laki-laki.

 

Namun, Grup MIND ID memastikan adanya kesempatan yang sama bagi seluruh karyawan, mulai dari rekrutmen, penilaian pekerjaan, promosi, hingga keputusan remunerasi. "Untuk bisa menjadi pemain global, sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu aspek strategis dalam menjawab kebutuhan dan tantangan global," kata Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf.

 

Saat ini, MIND ID memiliki total karyawan sebanyak 10.843 karyawan dan kontrak, 20.855 pekerja outsourcing, 15.381 karyawan yang telah menyelesaikan pelatihan K3 (OSH Training), sebanyak 99,58 persen rasio karyawan MIND ID Group yang kembali bekerja setelah cuti melahirkan, 66,23 jam/pekerja untuk rata-rata jam pelatihan per karyawan per tahun, serta 10 persen merupakan persentase pekerja perempuan. Dari jumlah tersebut, setiap anggota MIND ID dipastikan memiliki tenaga kerja wanita.

 

Grup MIND ID memang menjunjung tinggi women empowerment atau pemberdayaan wanita, baik dalam proses rekrutmen, inklusi, serta keanekaragaman. Selain adanya 10 persen karyawan di Grup MIND ID yang merupakan wanita, juga tercatat 16,22 persen Dewan Komisaris dan Direksi Grup MIND ID yang merupakan perempuan.

 

Adapun jumlah tenaga kerja wanita berdasarkan status kepegawaian di masing-masing anggota grup, di antaranya PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) memiliki 304 karyawan wanita tetap dan 13 karyawan wanita kontrak, PT Bukit Asam Tbk memiliki 292 karyawan wanita tetap dan 16 karyawan wanita kontrak, PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) memiliki 150 karyawan wanita tetap dan 4 karyawan wanita kontrak, serta PT Timah Tbk memiliki 273 karyawan wanita tetap dan 7 karyawan wanita kontrak. Dari angka tersebut, terdapat total 1.019 karyawan wanita tetap dan 40 karyawan wanita kontrak.

 

Sementara itu, hingga 2022, total ada sekitar 964 rekrutan lokal yang menjabat sebagai manajemen dan manajemen senior di Grup MIND ID. Angka tersebut merupakan 8,89 persen dari total tenaga kerja tetap.

 

Komitmen Inovasi Grup MIND ID

 

Masing-masing anggota MIND ID juga memiliki inisiatif digital masing-masing. Sebut saja ANTAM yang memiliki inisiasi hole marking, core marking QR code dan Artificial Intelligent (AI) untuk menganalisis foto inti. Sain itu, ada juga Virtual Assistant for Employee Service Desk Human Capital (VANESHA).

 

Sementara itu, PT Bukit Asam Tbk memiliki aplikasi seluler CISEA untuk produksi dan sistem pemantauan kinerja serta pemindai dan analisis batubara. Adapun INALUM memiliki sistem cerdas (smart system) di pabrik pengolahan.

 

Selanjutnya PT Timah Tbk memiliki Ausmelt TSL Furnace untuk pengolahan mineral. Sedangkan PT Freeport Indonesia memiliki jaringan hyperconnected untuk membuka kunci SmartMining 5.0 dengan teknologi 5G: Operasi Loader Jarak Jauh. Selain itu, perusahaan ini juga terus meningkatkan keterampilan non-staf untuk operasi dan otomasi jarak jauh yang didukung oleh Lembaga Sertifikasi Profesi PTFI.

 

INALUM bersama Telkom University mendapatkan Winning Innovator di BIGMIND 2022. Perusahaan tersebut membuat development teknologi berupa Transformasi Digital Peleburan Aluminium Melalui Machine Learning dan Digital Twin.

 

Digital twin adalah model yang menduplikasikan semua proses dan objek fisik ke dalam bentuk digital. Sehingga, optimalisasi proses bisnis dan operasional dapat dilakukan dalam mode digital sebelum diimplementasikan pada objek fisik yang sebenarnya.

 

Menurut Heri Yusuf, d igitalisasi Industri Pertambangan telah menjadi salah satu aspek utama yang menjadi perhatian perusahaan. Transformasi operasional secara bertahap menjadi digital dilakukan untuk memberikan nilai tambah di seluruh rantai proses penambangan dan pengolahan mineral. "Selain itu upaya tersebut juga bertujuan untuk mewujudkan aktivitas operasional yang optimal sekaligus efisien," tuturnya.

 

Aplikasi digital yang dikembangkan bertujuan untuk memaksimalkan proses bisnis dan kegiatan operasional Perusahaan. Proses yang efisien sejalan dengan komitmen pelaksanaan pilar keberlanjutan MIND ID yakni smart mining serta bentuk komitmen pelaksanaan praktik pertambangan yang baik (good mining practices).

 

MIND ID juga telah mendapatkan berbagai pencapaian lain, di antaranya MMI I Research Award (2019), MIND ID Goes Digital (2021), MIND ID Research Award (2021), dan BIGMIND Innovation Award (2022). Kegiatan tersebut diikuti oleh peserta dari berbagai bidang dengan kategori perbaikan terus-menerus, arus pendapatan baru, dan greenovator. Adapun para pesertanya berasal dari praktisi pertambangan dan karyawan, akademisi dan pelajar, perusahaan start-up, komunitas riset dan inovasi, serta masyarakat umum.

 

Sekilas MIND ID

 

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID (Mining Industry Indonesia) melalui entitas PT Mineral Industri Indonesia (Persero) memiliki mayoritas saham pada empat perusahaan industri tambang terbesar di Indonesia; PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk, dan PT Freeport Indonesia.

 

MIND ID terus membangun ekosistem pertambangan berkelanjutan, menjadi pelopor Program Dekarbonisasi, sekaligus ujung tombak Hilirisasi Produk Pertambangan. MIND ID mengelola sumber daya alam untuk peradaban, kemakmuran, dan masa depan Indonesia yang lebih cerah.

 

http://pressrelease.kontan.co.id/news/women-empowerment-bukti-komitmen-mind-id-dukung-development-karyawan

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 2
05 May 2017

Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Komoro (LPMAK), sebuah lem...

20 July 2017

PT Freeport Indonesia menggandeng pemerintah daerah setempat membuat k...